BPJS Ketenagakerjaan-BTN kolaborasi percepat pemenuhan kebutuhan rumah

BPJS Ketenagakerjaan-BTN kolaborasi percepat pemenuhan kebutuhan rumah

Tangkapan layar Dirut BPJS Ketenagakerjaan Anggoro Eko Cahyo (kiri) dan Direktur Utama Bank BTN Haru Koesmahargyo usai penandatanganan perjanjian kerja sama di Jakarta, Kamis (28/10/2021) (ANTARA/HO-BPJS Ketenagakerjaan)

Jakarta (ANTARA) - BPJS Ketenagakerjaan (BPJAMSOSTEK) kembali bermitra dengan Bank Tabungan Negara (BTN) untuk melengkapi manfaat Jaminan Hari Tua (JHT) kepada para peserta dengan memfasilitasi kredit pemilikan rumah (KPR) untuk mempercepat pemenuhan kebutuhan papan para pekerja Indonesia.

"Tentunya kami berharap kemudahan ini akan mempercepat pemenuhan kebutuhan akan rumah terutama bagi para pekerja di Indonesia," ujar Direktur Utama BPJAMSOSTEK Anggoro Eko Cahyo dalam keterangan resmi yang diterima di Jakarta pada Jumat.

Kemitraan BPJAMSOSTEK dengan BTN sendiri berupa berbagai fasilitas kredit untuk memiliki hingga merenovasi rumah mencapai Rp500 juta dengan bunga sekitar tujuh persen dan jangka waktu cicilan hingga 30 tahun.

Baca juga: BPJAMSOSTEK Rungkut-Himpaudi lindungi 800 tenaga pendidik

Melalui kerja sama tersebut, peserta BPJAMSOTEK dapat mengakses fasilitas Pinjaman Uang Muka Perumahan (PUMP), Pinjaman Renovasi Perumahan (PRP), dan Kredit Pemilikan Rumah (KPR) BPJAMSOSTEK dari Bank BTN.

Untuk fasilitas PUMP, peserta bisa mengajukan kredit hingga Rp150 juta yang dapat dipergunakan untuk uang muka. Kemudian, untuk PRP peserta BPJAMSOSTEK juga bisa mengakses pinjaman hingga Rp200 juta yang dapat dimanfaatkan untuk renovasi rumah dengan jangka waktu paling lama 15 tahun.

Peserta BPJAMSOSTEK juga dapat menikmati fasilitas KPR hingga Rp500 juta dengan jangka waktu maksimal 30 tahun.

Direktur Utama Bank BTN Haru Koesmahargyo dalam pernyataan serupa mengatakan ​​​​​​pembaruan kerja sama diharapkan semakin mendukung pemenuhan kebutuhan rumah di Indonesia, sekaligus membantu meningkatkan perekonomian nasional. Sebab, untuk setiap Rp1 yang dikeluarkan untuk sektor perumahan, akan meningkatkan output pada ekonomi sebesar Rp2,15.

"Kemudahan akses ke kredit rumah ini juga akan menjamin hari tua para peserta BPJAMSOSTEK , karena selain mendapatkan keuntungan dari JHT, juga fasilitas pembiayaan untuk memiliki rumah yang aman dan nyaman," kata Dirut Bank BTN Haru.

Baca juga: BPJAMSOSTEK Cikarang sosialisasikan jaminan pekerja rentan di pesisir
Baca juga: Wapres: Pemerintah juga prioritaskan Jamsostek bagi pekerja rentan

 

Pewarta: Prisca Triferna Violleta
Editor: Triono Subagyo
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Jumlah klaim pembayaran BPJS Ketenagakerjaan Pekalongan meningkat 

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar