-
London (ANTARA News) - Para penggemar tenis bisa mengikuti setiap pukulan keras dan voli dalam final kejuaraan Wimbledon dalam bentuk 3D. Ini untuk  pertama kalinya Wimbledon bisa disaksikan lewat layar dengan teknologi tersebut.

Telegraph melaporkan bahwa semi final tunggal putra, final tunggal putra dan final tunggal putri akan ditayangkan dalam bentuk 3D high-definition di ratusan bioskop di seluruh dunia menyusul kesepakatan yang diumumkan antara Sony dan All England Lawn Tennis Club.

Produksi siaran langsung 3D itu  merupakan kerja sama dengan "broadcaster" tuan rumah Wimbledon BBC, juga akan ditawarkan kepada "broadcaster" global lain.

"Wimbledon terkenal atas warisan dan  tradisinya. Pada saat yang sama kami selalu mencari cara untuk meningkatkan presentasi kejuaraan dengan memadukan tradisi itu dengan inovasi," kata Ian Ritchie, pimpinan eksekutif All England Lawn Tennis Club.

"Menyaksikan tenis dalam 3D high definition merupakan pengalaman menakjubkan, menghidupkan kecepatan aksi dan emosi: seolah  suasana dan kegembiraan Centre Court hadir di depan kita," kata Fujio Nishida, presiden Sony Eropa.

Pada Januari tahun lalu, BSkyB menjadi "broadcaster" pertama yang mempersembahkan tayangan  olahraga secara langsung dalam bentuk 3D saat Sky Sports menayangkan pertandingan sepak bola antara Manchester United dengan Arsenal.

Beberapa jaringan televisi internasional kemudian menayangkan peristiwa olahraga utama dalam 3D, termasuk dari Piala Dunia 2010.

Pejabat Kerajaan Inggris sedang dalam pembicaraan dengan BBC dan BSkyB mengenai kemungkinan pernikahan Pangeran William dan Kate Middleton pada 29 April akan menjadi peristiwa utama Inggris yang ditayangkan dalam 3D.
(ENY/A038/BRT)

Penerjemah:
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2011