Jakarta (ANTARA) - Berikut ini adalah kabar terbaru tentang pandemi COVID-19 dari berbagai belahan dunia.

Asia-Pasifik

* Pembatasan COVID-19 di kota terbesar Selandia Baru, Auckland, akan diperpanjang sepekan lagi, namun setelah itu akan dilonggarkan, kata Perdana Menteri Jacinda Ardern pada Senin, ketika negaranya mencatat rekor baru jumlah infeksi harian.

* Laporan intelijen non-rahasia AS mengatakan masuk akal bahwa dugaan pandemi COVID-19 berawal dari sebuah laboratorium tidak ilmiah dan tidak berdasar, kata juru bicara kementerian luar negeri China Wang Wenbin dalam pernyataannya pada Minggu.

* Perdana Menteri Kamboja Hun Sen mengumumkan pembukaan kembali negaranya dan siap menjalani kehidupan baru pada Senin, setelah target vaksinasi COVID-19 terlampaui. Kamboja menjadi salah satu negara dengan tingkat inokulasi tertinggi di Asia.

* Ratusan wisatawan asing yang sudah divaksin dijadwalkan tiba di Bangkok pada Senin. Mereka adalah gelombang pengunjung pertama ke Thailand dalam 18 bulan terakhir yang tidak diharuskan menjalani karantina COVID-19.

Baca juga: Menkeu Sri Mulyani jelaskan tiga tantangan pemulihan ekonomi global

* Wahana wisata Universal Studio di China meningkatkan upaya pengawasan dan pemeriksaan semua staf setelah diberitahu otoritas kesehatan bahwa sejumlah kontak dekat kasus COVID-19 mengunjungi tempat wisata itu pada 24 Oktober.

Timur Tengah dan Afrika

* Komisi Eropa menangguhkan pembiayaan penanganan COVID-19 untuk program-program PBB di Kongo lantaran prihatin dengan penanganan sejumlah badan PBB dalam kasus pelecehan seksual.

Amerika

* Amerika Serikat mengirim 1,5 juta dosis tambahan vaksin COVID-19 ke Taiwan, sehingga jumlah total vaksin yang didonasikan oleh Washington ke pulau itu menjadi 4 juta dosis.

* Meksiko telah menerima hampir 6 juta dosis vaksin COVID-19 AstraZeneca ketika pemerintah setempat didesak untuk meningkatkan vaksinasi, termasuk pada anak-anak.

Baca juga: Kemenkes: Situasi global COVID-19 perlu jadi pembelajaran

Eropa

* Pemimpin dari 20 negara ekonomi terbesar di dunia (G20) yang bertemu di Roma mendorong pajak minimum global untuk mencegah perusahaan-perusahaan besar menyembunyikan keuntungan di negara penyedia suaka pajak. Mereka juga sepakat untuk memberikan lebih banyak vaksin COVID-19 kepada negara-negara miskin.

* Inggris akan mengirimkan 20 juta dosis vaksin COVID-19 ke negara-negara berkembang hingga akhir tahun ini. Upaya itu disebut Perdana Menteri Boris Johnson sebagai langkah yang sangat perlu diambil untuk mempercepat pemulihan ekonomi pascapandemi.

Perkembangan Medis

* Takeda Pharmaceutical, mitra vaksin COVID-19 Novavax di Jepang, akan mengajukan izin penggunaan vaksin tersebut di negara itu awal tahun depan.

Dampak Ekonomi

* Harga berbagai komoditas domestik di Australia naik pada Oktober, menekan bank sentral untuk membuka pintu bagi kenaikan suku bunga sebelum proyeksi 2024 ditetapkan.

* Bank sentral Taiwan mengatakan setiap kenaikan suku bunga bergantung pada tiga kondisi --prediksi inflasi, suku bunga di negara-negara tetangga, dan upaya pemerintah terkait COVID-19 untuk pemulihan ekonomi.

* Iklan-iklan lowongan kerja di Australia meningkat tajam pada Oktober setelah turun selama tiga bulan, menyusul dilonggarkannya pembatasan di Sydney dan Melbourne.

Sumber: Reuters

Baca juga: Menlu Retno: Pemimpin G20 sepakati strategi vaksinasi COVID-19 global

Penerjemah: Anton Santoso
Editor: Mulyo Sunyoto
Copyright © ANTARA 2021