Tokyo (ANTARA News)- Reuters melaporkan, Badan Metereologi AS (US Geological Survey) mengonfirmasikan bahwa gempa hebat yang menghantam kawasan timur laut Jepanng, berkekuatan 8,9 Skala Richter.

USSG melaporkan gempa besar itu menghantam wilayah lepas pantai Jepang, tepatnya 130 kilo meter timur Sendai, Honsu, dan berasal dari kedalaman 24 kilo meter.

Sebelumnya USSG melaporkan bahwa gempa berkekuatan 7,9 skala Richter, kemudian memperbaharui datanya menjadi 8,8 hingga 8,9 skala Richter.

Gempa bumi itu menggoncang gedung-gedung di Tokyo dan menyebabkan banyak korban terluka, menciptakan setidaknya satu kebakaran, dan menyebabkan tsunami setinggi empat meter.

Akan tetapi sebuah peringatan telah disampaikan tentang kemungkinan terpaan gelombang tsunami susulan setinggi 10 meter.

USSG juga melaporkan empat gempa bumi susulan dengan kekuatan hingga 7,1 skala Richter, termasuk sebuah gempa dengan kekuatan 6,8 skala Richter menghantam daratan utama Jepang, tepatnya di barat daya Mito, timur laut Tokyo. (Ber)

Pewarta:
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2011