Tanjungpinang (ANTARA) - Sebanyak 22 altet National Paralimpic Commitee Indonesia (NPCI) Provinsi Kepri mengikuti Pekan Paralimpiade Nasional (Peparnas) ke XVI di Papua yang akan berlangsung 5 - 15 November 2021.

Para atlet tersebut resmi dilepas berangkat ke Papua oleh Gubernur Provinsi Kepri Ansar Ahmad di Hotel Baverly Batam, Ahad (31/10) malam.

"Saya bangga bisa melepas atlet paralimpik yang akan bertanding dalam event nasional... Saya yakin, atlet paralimpik akan bisa memberikan yang terbaik bagi Provinsi Kepri," kata Gubernur Ansar Ahmad.

Gubernur berharap para atlet paralimpi agar bisa selalu menunjukkan prilaku dan karakter yang terpuji. Sesuai semangat yang terkandung dalam gurindam 12 karya Raja Ali Haji.

Selain itu, atlet-atlet dari Bumi Segantang Lada itu diminta bertanding dengan menjunjung tinggi sportivitas.

"Bila itu bisa ditunjukkan, bukan hanya prestasi, tapi juga kesuksesan akan kita raih," sebutnya.

Mantan anggota DPR RI ini juga mengingatkan para atlet untuk selalu menerapkan protokol kesehatan secara benar agar senantiasa sehat dan bisa mengikuti semua kegiatan di tengah pandemi COVID-19.

Pemprov Kepri, katanya, akan memberikan apresiasi berupa bonus kepada atlet yang nantinya berhasil mempersembahkan medali.

"Besaran bonusnya akan kita bahas dulu dengan OPD terkait," imbuhnya.

Sementara itu, Ketua NPCI Provinsi Kepri Fahrizal mengatakan pada ajang Peparnas XVI pihaknya memberangkatkan sebanyak 22 atlet dan 13 official. Mereka akan mengikuti tujuh cabang dari 12 cabang olah raga yang akan dipertandingkan.

Cabang-cabang yang diikuti tersebut adalah cabang para atletik, para renang, para tenis meja, para catur, para menembak para judo serta para boccia.

Fahrizal turut mengapresiasi Pemprov Kepri yang telah mendukung penuh seluruh kegiatan NPCI sehingga bisa diberangkatkan ke Provinsi Papua untuk mengikuti Paralimpiade Nasional XVI tahun 2021.

"InsyaAllah kita tidak akan menyia-nyiakan dukungan ini. Kita akan selalu berusaha mengharumkan nama daerah Kepri," ujar Fahrizal.

Lanjut dia, para atlet paralimpic ini sebelumnya telah mengikuti pemusatan pelatihan atau Training Centre (TC) yang di pusatkan di masing-masing kabupaten/ kota di Kepri.

Seperti cabang para tenis meja TC nya dilakukan di Kabupaten Bintan, para renang pemusatan di Kabuaten Karimun, para menembak pemusatan pelatihan di Kota Tanjungpinang.

"Adapun para catur, para judo dan para boccia TC dilakukan di Kota Batam," ungkap Fahrizal.


Baca juga: Aceh ikuti lima cabang olahraga Peparnas XVI
Baca juga: Menpora tegaskan Peparnas XVI akan difasilitasi sama seperti PON XX
Baca juga: 1.062 Personel TNI-Polri dikerahkan amankan Peparnas XVI Papua



 

Pewarta: Ogen
Editor: Dadan Ramdani
Copyright © ANTARA 2021