Berlin (ANTARA News/AFP) - Pelatih Bayern Munich Louis van Gaal, Sabtu, mengatakan bahwa ia ingin meninggalkan klub juara Jerman itu dengan kepala tegak pada akhir musim kompetisi tahun ini setelah mendapat kabar bahwa kontraknya akan diputus lebih awal dari seharusnya.

Pelatih berusia 59 tahun itu sukses mengantar Bayern ke final Liga Champions, serta gelar juara liga dan Piala Jerman musim lalu, tapi tiga kekalahan secara beruntun membuat posisinya terancam.

Kontraknya seharusnya berakhir sampai Juni 2012 mendatang, tapi kemungkinan akan diperpendek hanya sampai akhir musim kompetisi tahun ini.

"Saya berharap bisa meninggalkan klub ini melalui pintu depan. Saya ingin pergi dengan rasa bangga," kata mantan pelatih Barcelona dan tim nasional Jerman itu kepada harian Jerman, Bild.

"Sebagai pelatih, saya kehormatan tersebut lebih penting bagi saya," katanya.

Setelah kekalahan 2-3 dari Hanover minggu lalu, van Gaal diberi tahu oleh presiden klub Karl-Heins Rummenigge, Senin lalu bahwa kontraknya akan diputus pada Mei mendatang, yang berarti lebih cepat setahun dari rencana semula.

Saat ini van Gaal berusaha untuk mengamankan posisi ke perempat-final Liga Champions saat berhadapan dengan juara bertahan Inter Milan, Selasa mendatang setelah unggul 1-0 pada pertemuan pertama babak 16 besar.

"Tentu saja saya kecewa. Saya suka budaya dan penggemar klub ini. Tapi mungkin lebih baik bagi kedua pihak jika saya pergi. Kami punya filosopi yang beda," katanya.

Tapi pelatih asal Belanda itu mengatakan bahwa ia yakin bisa memberikan hasil lebih baik bagi Bayern.

"Mungkin nanti saya akan cuti panjang dan ingin kembali menjadi pelatih nasional. Jika saya mendapat tantangan menyenangkan, saya akan mempertimbangkannya," katanya.(*)

(ANT/A032)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2011