London (ANTARA News) - Penyayi rock asal Irlandia Bono dan pendiri Google Sergey Brin masuk dalam nominasi "Gorbachev Awards". Penghargaan itu untuk menghormati Presiden Soviet Mikhail Gorbachev yang akan memasuki usia 80 tahun dan akan digelar dalam sebuah acara mewah di London pada 30 Maret.

Ajang penghargaan itu dinamakan "Mikhail Gorbachev: the man who changed the world" setelah tiga kebijakan besarnya menjadi pedoman selama masa pemerintahannya. Ketiga kebijakannya adalah glasnost (keterbukaan), perestroika (restrukturisasi) dan uskorenie (akselerasi), sebagaimana dikutip dari Reuters.

"Ini adalah penghargaan bagi mereka yang telah mencurahkan kemampuannya untuk mengubah dunia menjadi lebih baik," kata Gorbachev pada 2 Maret, Kamis malam.

Nominasi lainnya, sutradara dan produser Steven Spielberg, pendiri CNN Ted Turner, pembuat ponsel pertama di dunia Martin Cooper, dan mantan Presiden Brasil Luiz Inacio Lula da Silva.

"Kami sebagai masyarakat sipil harus mendukung orang-orang seperti ini," kata Irina Virganskaya, putri Gorbachev.

Gorbachev, sosok utama keruntuhan Uni Soviet mengkritik Perdana Menteri Vladimir Putin dalam beberapa bulan terakhir.

"Dia (Putin) seharusnya tidak mencalonkan kembali menjadi presiden tahun depan," ujarnya.

Putin, presiden Rusia dari 2000 - 2008 dan anak didiknya Presiden Dmitry Medvedev akan kembali mewarnai bursa pemilihan presiden Rusia pada 2012.
(*)

Pewarta: Adam Rizallulhaq
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2011