Jakarta (ANTARA) - Chris Paul membukukan double-double dan mencapai tonggak sejarah dalam kariernya saat tuan rumah Phoenix Suns mengalahkan New Orleans Pelicans 112-100 pada Selasa malam waktu setempat (Rabu WIB).

Paul mencetak 12 dari 14 poinnya pada kuarter keempat dan finis dengan 18 assist ketika melewati Mark Jackson dan mantan pemain Sun Steve Nash untuk naik ke urutan ketiga dalam daftar assist sepanjang masa NBA.

Paul (36), mengakhiri malam itu dengan 10.346 assist saat ia mengungguli Jackson (10.334) dan kemudian Nash (10.335). Daftar tersebut dipuncaki oleh John Stockton (15.806) dan Jason Kidd (12.091).

Baca juga: Bintang Bucks Khris Middleton positif COVID-19
Baca juga: Giannis Antetokounmpo gemilang, Bucks lanjutkan dominasi atas Pistons


Mikal Bridges mencetak 22 angka, JaVale McGee dan Devin Booker masing-masing 18, Frank Kaminsky mencetak 17 dan Jae Crowder menambah 13 untuk Phoenix. Suns mengungguli Pelicans 36-18 pada kuarter keempat ketika meraih kemenangan kedua beruntun mereka.

Jonas Valanciunas mengemas 23 poin dan 14 rebound, Josh Hart mencetak 16, Devonte' Graham menambah 12 dan Nickeil Alexander-Walker 10 untuk memimpin Pelicans, yang memainkan pertandingan pertama dari empat laga tandang dalam tujuh hari.

New Orleans kalah untuk ketujuh kalinya dalam delapan pertandingan pada awal musim.

Kaminsky dan Cameron Johnson menghasilkan three-point play beruntun saat Suns, yang menghadapi defisit 20 poin pada paruh pertama, mendekat hingga 62-65 pada pertengahan kuarter ketiga.

Valanciunas mencetak tujuh poin saat Pelicans membangun keunggulan hingga 12 angka, namun lemparan tiga poin Johnson membawa Phoenix memperpendek jarak hingga 76-82 pada akhir periode tersebut.

McGee mencetak lima poin terakhir dari laju 7-0 Suns untuk mengawali kuarter keempat.

Baca juga: Heat melaju lampaui Mavs untuk raih kemenangan kelima beruntun

Garrett Temple melakukan dua lemparan bebas untuk menghentikan laju tersebut, dan keunggulan berpindah tangan tujuh kali dalam waktu kurang dari tiga menit.

Paul melakukan jumper berturut-turut untuk membantu Phoenix mengambil keunggulan 97-91 pada pertengahan periode tersebut.

Pelicans terpaut satu poin, namun Paul membalas dengan dua jumper lagi dan Booker menambah tujuh poin langsung untuk Phoenix saat mengambil kendali dengan memimpin 108-98.

Pada kuarter pertama, Trey Murphy III mencetak lemparan tiga angka saat New Orleans memimpin 16-poin sebelum dunk Elfrid Payton membawa Phoenix terpaut 22-36 pada akhir periode tersebut.

Valanciunas melakukan lemparan tiga angka dan kembali menyarangkan bola untuk membantu Pelicans memimpin 51-31 pada kuarter kedua.

Phoenix mencetak tujuh poin berikutnya sebelum Alexander-Walker menyarangkan bola untuk mengakhiri laju tersebut.

Suns membenamkan dua lemparan tiga angka untuk membuat selisih poin sembilan sebelum layup Hart mengirim New Orleans ke jeda pertandingan dengan keunggulan 59-48, demikian laporan Reuters.

Baca juga: Tobias Harris absen bela 76ers karena protokol kesehatan
Baca juga: NBA dan Nike luncurkan jersey baru peringati ulang tahun ke-75

Pewarta: Fitri Supratiwi
Editor: Bayu Kuncahyo
Copyright © ANTARA 2021