Asap Membubung dari PLTN Fukushima

Asap Membubung dari PLTN Fukushima

Pembangkit tenaga nuklir Fukushima Nomor Satu milik Tokyo Electric. (istimewa)

Tokyo (ANTARA News) - Asap putih, Rabu, membubung ke udara dari pembangkit listrik tenaga nuklir (PLTN) yang diguncang gempa pekan lalu di Jepang, demikian gambar dari tayangan langsung TV.

Penyebab munculnya asap putih itu, di reaktor No.1 PLTN Fukushima, 250 kilometer di sebelah timur-laut ibukota Jepang, Tokyo, ternyata belum diketahui, sebagaimana dikutip dari AFP.

Api berkobar Rabu dinihari di reaktor No.4 di kompleks pembangkit listrik tersebut tapi kebakaran belakangan dilaporkan telah dipadamkan.

Para insinyur telah berjuang menangani kondisi darurat di kompleks itu sejak gempa kuat dan tsunami Jumat lalu (11/3) memutus aliran listrik ke pembangkit tersebut dan mengakibatkan tongkat bahan bakar terlalu panas sehingga berbahaya.

Telah terjadi empat ledakan dan dua kebakaran di kompleks itu.

Menurut laporan media, asap putih tersebut tampaknya berasal dari reaktor No.3, yang meledak pada Senin (14/3), sehingga merobek bagian luar bangunan reaktor itu.

Operator pembangkit listrik tersebut, Tokyo Electricity Power Co, menyatakan perusahaan tersebut tak tahu dari mana asap itu berasal.
(*)

Editor: AA Ariwibowo
COPYRIGHT © ANTARA 2011

Komite 60 Tahun Jepang-Indonesia bangun kembali sekolah di Sulteng

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar