Jakarta (ANTARA News) - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono membuka konferensi jaksa internasional ketujuh untuk kawasan Asia Pasifik dan Timur Tengah (7th International Association of Prosecutors - IAP, Asia Pacific and Middle East Regional Conference and High Level Prosecutors Meeting" di Jakarta, Kamis.

Presiden dalam acara di Istana Negara itu didampingi oleh Jaksa Agung Basrief Arief dan Sekretaris Jenderal IAP, Derk Kuipers. Acara itu juga dihadiri oleh sejumlah pejabat negara, antara lain Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Busyro Muqoddas, Menko Polhukam Djoko Suyanto, Mensesneg Sudi Silalahi, dan Kapolri Jenderal Pol Timur Pradopo.

Basrief Arief dalam laporannya mengatakan, konferensi jaksa international itu mengangkat tema kerja sama penanganan perkara kriminal di kawasan Asia Pasifik dan Timur Tengah (Asia Pasific and Middle East Cooperation in Criminal Matters) yang berlangsung pada 17 hingga 19 Maret 2011.

Basrief menjelaskan, 195 peserta dari 33 negara di kawasan Asia Pasifik, Timur Tengah, dan Eropa akan ambil bagian dalam acara itu.

Menurut dia, para peserta akan membahas berbagai hal tentang kerja sama ekstradisi dan penanganan aset hasil kejahatan yang tersebar di berbagai negara.

"Ini adalah bentuk percepatan penegakan hukum lintas negara," kata Basrief.

IAP didirikan pada 1995, dan beranggotakan sejumlah institusi kejaksaan dari berbagai negara. Indonesia bergabung dalam organisasi itu pada 2006.
(T.F008//E011)

Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2011