Bandung (ANTARA News) - Tim Maung Bandung, Persib, terancam tidak bisa menurunkan striker andalannya Christian Gonzales saat menjamu Persija Jakarta di Stadion Si Jalak Harupat Soreang Kabupaten Bandung, Jumat besok.

Striker timnas PSSI tersebut mengalami cedera kaki kiri yang dideritanya saat bertanding melawan Pelita Jaya di Karawang akhir pekan lalu.

"Perkembangan terakhir Gonzales masih terganggu dengan cedera kakinya, namun kami ada kesempatan hingga besok," kata Pelatih Persib, Daniel Roekito di Bandung, Kamis.

Pelatih asal Rembang itu menyiapkan strategi bila timnya tidak diperkuat Gonzales. Meski demikian tim Persib tidak kuatir meski striker naturalisasi tersebut benar-benar tidak bisa diturunkan.

Menurut Daniel, ia memiliki sejumlah pemain lainnya yang siap diturunkan dan dalam kondisi semangat tinggi seperti Rahmat Affandi dan Airlangga Sucipto.

Di lain pihak, ia optimis pemain lainnya bisa berbuat banyak pada pertandingan esok hari termasuk penyerang asal Jepang Matsunaga Shohei.

"Semua pemain berpeluang mencetak gol, bisa pemain depan, tengah maupun belakang. Pemain lain siap diturunkan, kondisi mereka siap tempur dan semangat tinggi," katanya.

Menurut Daniel, Persija bukan merupakan tim luar biasa. Kekuatan tim ibukota itu sama dengan tim-tim lainnya dengan materi yang sepadan dengan yang dimiliki Persib. Untuk itu, kata dia tidak ada alasan untuk menempatkan duel esok hari sebagai partai istimewa.

"Persib menghadapi Persija, sama seperti menghadapi pemain lainnya tidak lebih. Mereka punya pemain berbahaya, sama dengan yang lainnya dan yang jelas kami sudah menyiapkan semuanya secara normal," kata Daniel.

Empat poin yang berhasil diraih dari dua partai tandang, menurut Daniel merupakan bentuk kerja keras pemain yang perlu ditunjukan pemain pada pertandingan esok hari.

Ia meminta para pemainnya bermain lepas dan tanpa beban, meski disebut-sebut partai itu penuh prestise. Daniel sendiri menargetkan kemenangan pada pertandingan yang akan digelar mulai pukul 18.00 WIB itu.

"Semua pemain tahu apa tugas masing-masing, dan sebagai tuan rumah jelas menargetkan menang," kata mantan pelatih Persik dan Persiba itu.

Persib sendiri menargetkan kemenangan pada pertandingan `panas` esok hari sekaligus untuk melakukan revans atas kekalahan pada putaran pertama. Bertanding di Stadion Gelora Bung Karno Jakarta di awal musim, Persib harus mengakui keunggulan Persija 0-3.

Untuk pertandingan esok hari, Persib kemungkinan besar mempertahankan `wining tim` yang diturunkan saat mengalahkan Pelita Jaya.

Matsunaga Shohei kemungkinan akan ditempatkan sebagai penyerang utama yang akan mendampingi Gonzales atau Rahmat Affandi. Eka dan Mijlan Radovic di gelandang, Atep dan Isnan di sayap, Hariono sebagai penyeimbang pertahanan dan lini tengah.

Sedangkan barisan pertahanan Maman Abdurahman dan Abanda Herman akan menjadi pilihan utama. Sedangkan di bawah mistar Markus Horison akan menjadi pilihan utama Daniel Roekito.

Rencananya pertandingan Persib lawan Persija akan dipimpin wasit asal Malaysia.

Pertandingan Persib melawan Persija di Stadion Si Jalak Harupat esok hari kemungkinan besar akan memecahkan rekor jumlah penonton pertandingan kandang Persib Bandung pada musim kompetisi 2010-2011. Sedangkan rekor jumlah penonton Persib saat ini masih tetap saat duel Persib - Persebaya dua tahun lalu.

Panpel Persib dan aparat keamanan juga telah menyiapkan pengamanan khusus dengan mengerahkan 1.300 persenil Polri dibantu TNI yang akan mengawal pertandingan besok.

(S033/Y003/S026)

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2011