Medan (ANTARA) - Pengurus National Paralympic Comitter (NPC) Kota Medan optimistis meraih target 20 emas untuk atlet binaannya yang tergabung dalam kontingen Sumatera Utara pada Pekan Paralympic Nasional (Peparnas) Papua.

Ketua NPC Medan Zainul Kahfi di Jayapura, Kamis, mengatakan, NPC Medan mengirimkan 32 atletnya untuk membela Sumut di Peparnas 2021. Seperti tahun sebelumnya, Medan selalu mendominasi dalam mengirimkan atlet untuk Sumut.

"Kita ingin prestasi atlet Medan lebih baik dari sebelumnya. Kalau 2016 atlet Medan dapat 18 emas, tahun ini kita targetkan 20 emas," katanya.

Keyakinan Zainul bukan tanpa alasan, sebab tahun ini Medan banyak mengirimkan atlet muda potensial yang bisa memberikan kejutan di Peparnas perdananya.

"Mereka secara mental, kemampuan dan fisik sudah teruji. Mudah-mudahan program latihan yang dijalani selama ini bisa diaplikasikan dengan baik di Peparnas," tambahnya.

Baca juga: Lagu "Anak Medan" sambut kedatangan kontingen Peparnas Sumut di Papua

Pada Peparnas 2016 di Jawa Barat, kontingen Sumut mampu berada di peringkat tiga besar dengan 38 emas, 38 perak, 20 perunggu. Tahun ini, Sumut akan mengikuti sembilan dari 12 cabang olahraga yang dipertandingkan.

Kesembilan cabang olahraga itu yakni, atletik, catur, angkat berat, tenis meja, renang, tenis lapangan kursi roda, badminton, judo, dan panahan.

Adapun 32 atlet NPC Medan yang tergabung bersama kontingen Sumatera Utara yakni Alan Sastra Ginting, Ricky Bustami, Zainul Kahfi, Ainin Teresia, Praja Hermawan, Eko Sahputra, Mian Sirait, Pamelius Giawa, Indra Sakti, Fransiskus Zebua, Suriani, Marta Tambunan, Nina Gusmita (atletik).

Tambi Sibarani (angkat berat), Ali Baroroh (bulutangkis), Roslinda Br Manurung, Aisyah Wijayanti, Khairunnisa, Yustina Halawa, Heryman Kemit, Robert Laila, Refnita Yulia, Catrina Dewi, Ismayuddin Simangungsong (catur).

Selanjutnya, Marten Tri Putra, Selamat Juanda, Herman Halawa, Junifor Bate, Sahrul Sulaiman (judo), Dean Pinta Uli Siringo-ringo, Candra S Simanjuntak (renang), serta Henri (tenis meja).

Baca juga: Bobby bangga Medan sumbang separuh jumlah atlet Sumut ke Peparnas
Baca juga: Sebanyak 32 atlet Kota Medan perkuat Sumut di Peparnas Papua

 

Pewarta: Juraidi
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2021