New York (ANTARA News) - Pasar saham Amerika Serikat melonjak untuk kedua hari berturut-turut pada Jumat waktu setempat, setelah kenaikan serupa di Eropa dan Asia, meskipun darurat nuklir di Jepang dan lebih banyak ketegangan di semenanjung Arab yang kaya minyak.

Sebuah pernyataan gencatan senjata di Libya dan intervensi Kelompok Tujuh (G7) untuk mencegah yen dari kenaikan lebih lanjut, serta lampu hijau Federal Reserve untuk bank-bank besar untuk membayar atau meningkatkan dividen mereka, memberikan dorongan untuk pasar, demikian AFP melaporkan.

Tapi mereka melayang lebih rendah pada sore karena akhir pekan penuh ketidakpastian -- tentang apakah gencatan senjata akan terus, apakah Jepang akan mampu mencegah krisis nuklir, dan apakah ketegangan di Bahrain, Yaman dan raksasa minyak Arab Saudi akan meningkat.

Dow Jones Industrial Average dari 30 saham blue chips ditutup naik 83,93 poin (0,71 persen) menjadi 11.858,52 sedangkan indeks S & P 500 yang lebih luas bertambah 5,49 poin (0,43 persen) menjadi 1.279,21.

Indeks komposit teknologi Nasdaq meningkat 7,62 poin (0,29 persen) pada 2.643,67.

"Dalam perdagangan tentatif hari ini yang mencakup berakhirnya opsi, saham berhasil mengakhiri hari di posisi hijau, menanggapi hari ini terutama untuk intervensi mata uang yang dikoordinasikan oleh G7 untuk menghentikan lonjakan yen Jepang," kata broker di Charles Schwab.

"Pasar terus memerangi peristiwa-peristiwa makroekonomi negatif dan tidak mudah runtuh ke tingkat yang lebih rendah," kata Michael James dari Wedbush Morgan Securities.

Beberapa bank -- tetapi tidak semua -- naik setelah Federal Reserve memberi mereka izin untuk mulai membayar, atau meningkatkan dividen, dan terlibat dalam pembelian kembali saham, setelah memberikan tanggal kembali moratorium ke krisis keuangan.

Datang setelah putaran uji ketahanan (stress test) untuk 19 kelompok terbesar perbankan, langkah itu tanda baru kemunculan sektor perbankan dari keruntuhan pembiayaan perumahan 2008-2009.

Bank-bank yang kuat selama krisis -- JPMorgan Chase, termasuk BB & T, Wells Fargo, dan US Bancorp -- segera mengumumkan kenaikan dividen dan pembelian kembali saham.

JPMorgan naik 2,65 persen, BB & T naik 0,5 persen, US Bancorp naik 1,1 persen dan Wells Fargo naik 1,5 persen.

Raksasa perbankan ritel Citigroup (naik 1,1 persen) dan Bank of America (naik 0,4 persen) tidak mengumumkan dividen.

Dalam sebuah spin-off dari langkah Fed, Goldman Sachs bertambah 2,7 persen setelah mengumumkan pihaknya membeli kembali lima miliar dolar AS dari sahamnya yang dijual kepada miliarder Warren Buffet`s Berkshire Hathaway dalam krisis pada 2008.

Berkshire telah menghasilkan dividen besar 10 persen -- 500 juta dolar AS per tahun -- dari Goldman untuk kesepakatan bailout, dan telah mendapatkan tambahan 500 juta dolar AS dalam pembelian kembali sebagai biaya pra-pembayaran. Saham Berkshire naik 0,5 persen.

Pembuat sepatu olahraga Nike merosot 9,2 persen setelah laporan kuartal ketiga yang mengecewakan, yang mengatakan pihaknya telah mendorong naik harga eceran untuk menutupi kenaikan biaya bahan baku.

Pasar obligasi jatuh. Hasil pada Treasury 10-tahun naik menjadi 3,28 persen dari 3,25 persen pada akhir Kamis, sedangkan obligasi 30 tahun datar sebesar 4,43 persen.

Harga dan hasil obligasi bergerak berlawanan arah. (A026/K004)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2011