Banda Aceh (ANTARA News) - Klub pencinta budaya, bahasa dan tarian Jepang di Aceh akan menggelar aksi membagikan seribu burung bangau terbuat dari kertas sebagai bentuk kepedulian dan menyemangati masyarakat di Negeri Sakura yang baru saja tertimpa gempa bumi dan tsunami.

Humas klub pencinta budaya, bahasa dan tarian Jepang Ervilita di Banda Aceh, Senin mengatakan seribu bangau kertas itu akan dibagikan kepada masyarakat Aceh di sejumlah ruas jalan protokol di kota itu.

"Kita berharap masyarakat Jepang tetap tabah dan tidak larut dalam duka," katanya pada doa bersama untuk masyarakat Jepang.

Burung bangau bagi masyarakat Jepang dipercaya dapat mengabulkan doa dan harapan.

Karena itu, Ervilita berharap kegiatan seribu bangau tersebut dapat menyemangat kembali masyarakat Jepang untuk beraktivitas kembali pascabencana gempa dan tsunami.

Ia mengatakan seribuan bangau yang terbuat dari kertas origami tersebut akan dibagi-bagikan oleh mahasiswa, pelajar dan masyarakat umum di ibukota berpeduduk sekitar 230 ribu jiwa tersebut.

"Kami yakin lewat semangat pantang menyerah yang dimiliki masyarakat di negeri matahari terbit tersebut akan mampu melewati berbagai cobaan yang ada," katanya.

Jepang adalah salah satu negara yang andil membantu Aceh saat dilanda tsunami pada 26 Desember 2004.(*)

KR-IFL/H-KWR

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2011