Jakarta (ANTARA) - GM Cerdas Barus meraih medali emas nomor catur cepat kategori tuna wicara putra pada Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) setelah berada di posisi teratas dalam enam babak yang selesai dimainkan Senin.

Dalam enam babak, seperti disiarkan Chess-Result, Cerdas Barus mengumpulkan total poin 5,0 hasil dari empat kemenangan dan dua kali remis dalam pertandingan catur cepat yang berlangsung di di Hotel Sahid Entrop, Kota Jayapura tersebut.

Emas yang diraih Cerdas Barus ini menjadi yang ketiga yang ia sumbangkan untuk Tanah Papua, setelah sebelumnya pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua bulan lalu, pecatur asal Tanah karo Sumatera Utara ini menyumbang dua medali emas dari kategori veteran. 

Baca juga: 131 atlet disabilitas bertanding catur cepat Peparnas XVI Papua 

Sementara itu, medali perak untuk nomor catur cepat kategori tuna wicara putra direbut Catur Suhartono dari Jawa Timur yang mengumpulkan 4,5 poin dari empat kali kemanangan, sekali remis dan sekali kalah. Medali perunggu jatuh ke tangan Muhlis juga dari Jawa Timur yang membukukan poin 4,0 dari dua kemenangan dan empat kali remis.

Di nomor catur cepat kategori Tuna Wicara Putri, medali emas diraih pecatur Sumatera Utara Catrina Dewi Haloho yang dalam lima babak mengumpulkan 4,5 poin dari empat kemenangan dan sekali remis. Catrina unggul 1,0 poin dari pecatur Aceh Rizki Auliana yang membukukan 3,5 poin dari tiga kemenangan, sekali remis dan sekali kalah. Medali perunggu diraih Depita Sari dari Bangka Belitung yang meraih 3,0 poin dari tiga kemenangan dan dua kekalahan.

Pertandingan cabang catur Peparnas yang dilangsungkan di Hotel Sahid Entrop, Kota Jayapura diikuti sebanyak 131 atlet disabilitas perwakilan 23 provinsi se-Tanah Air. Pada hari pertama hingga hari ketiga menyelesaikan pertandingan kategori nomor catur cepat, masing- masing untuk kategori perorangan putra dan putri Tuna Netra B1, Tuna Netra B2,3, Tuna Daksa, dan Tuna Wicara. 

Baca juga: Catur Peparnas Papua hari ini perebutkan delapan emas 
Baca juga: Pecatur Kalbar Astriani siap raih medali di Peparnas Papua 
 

Pewarta: Dadan Ramdani
Editor: Rr. Cornea Khairany
Copyright © ANTARA 2021