London (ANTARA News/AFP) - Supremo Formula Satu Bernie Ecclestone menyindir Presiden FIA Jean Todt dengan mengatakan bahwa badan pengatur olahraga otomotif itu tak lebih dari sekumpulan "badut".

Dalam sebuah wawancara dengan koran Daily Express, Ecclestone menyatakan bahwa dia tidak terkesan dengan kepemimpinan Todt semenjak mengambil alih jabatan presiden FIA pada October 2009 menyusul mundurnya Max Mosley, demikian AFP melaporkan.

"Jean Todt adalah pengganti Max yang payah," kata Ecclestone.

"Kerjanya hanya berkeliling dunia - mencium bayi-bayi dan bersalam-salaman - sesuatu yang jarang dilakukan oleh Max," sindirnya.

"Mungkin hal itu baik bagi FIA, tapi kami tidak butuh hal-hal seperti itu di Formula Satu," ungkap Ecclestone.

Dia menambahkan bahwa Todt "tidak memberi dampak positif yang besar bagi Formula Satu" dan yakin bahwa tim-tim F1 lebih berhak membuat aturan-aturan dari pada FIA.

"kamilah yang seharusnya membuat aturan-aturan itu, lalu menyampaikannya kepada FIA yang kemudian tinggal menyetujuinya, karena kami pulalah nanti yang akan mengikuti dan mematuhi aturan-aturan itu," kata Ecclestone.

"FIA itu seharusnya bekerja layaknya polisi - polisi tidak membuat aturan tetapi mengawasi dipatuhinya aturan. Kalau tidak seperti itu FIA hanyalah sebuah lelucon saja," tandas Ecclestone. (OKS/A020/K004)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2011