Jakarta (ANTARA News) - Google Inc menunda memberikan akses luas ke versi terbaru perangkat lunak Android, dan mengatakan memiliki banyak pekerjaan yang harus diselesaikan sebelum produk tersebut siap digunakan untuk beberapa jenis perangkat.

Google meluncurkan Android 3.0, yang dikenal sebagai Honeycomb, awal tahun ini, menjadi versi pertama sistem operasi Android yang dirancang dari bawah untuk digunakan pada PC tablet.

Honeycomb telah tersedia pada tablet Motorola Mobility, Xoom, yang mulai dipasarkan Februari lalu.

Menurut Reuters, perangkat lunak ini merupakan upaya pertama yang didedikasikan oleh Google untuk menantang dominasi Apple iPad di pasar PC tablet yang baru lahir.

Tapi Google mengatakan tidak akan segera membuat Honeycomb sebagai software open source, praktik yang biasa dilakukannya dengan Android dimana pengembang (developer) dapat mengubah perangkat lunak itu sesuai kebutuhan mereka.

Alasan penundaan, dikatakan Google, karena Honeycomb belum siap untuk di-customize untuk digunakan pada smartphone.

"Kami berkomitmen untuk menyediakan Android sebagai platform terbuka pada banyak jenis perangkat dan akan mempublikasikan source secepat mungkin jika sudah siap," kata juru bicara Google dalam pernyataannya.

Berita penundaan akses luas ke Honeycomb itu pertama kali dilaporkan Bloomberg Businessweek hari Kamis (24/3).

Versi sebelumnya dari sistem operasi berusia dua tahun itu telah banyak digunakan pada smartphone. Android menjadi sistem operasi smartphone nomor 1 dunia pada kuartal keempat 2010, menurut perusahaan riset Canalys.

(S026/B010)

Penerjemah: Suryanto
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2011