Koarmada II gelar Program Laut Bersih 2021 di Suramadu

Koarmada II gelar Program Laut Bersih 2021 di Suramadu

Kegiatan Prolasih 2021 di kawasan pantai sekitar Jembatan Suramadu sisi Surabaya, Jumat (12/11/2021). ANTARA/Didik Suhartono

Surabaya (ANTARA) - Komando Armada (Koarmada) II menggelar karya bakti Program Laut Bersih (Prolasih) 2021 yang dipusatkan di sekitar Jembatan Suramadu sisi Surabaya untuk menjadikan kawasan itu tercipta lingkungan yang bersih dan hijau.

Panglima Koarmada (Pangkoarmada) II Laksamana Muda (Laksda) Iwan Isnurwanto di Surabaya, Jumat, mengatakan bahwa karya bakti Prolasih merupakan kegiatan yang rutin setiap tahun.

"Karya bakti Prolasih tahun ini dipusatkan di kawasan pesisir bentang barat dan timur Jembatan Suramadu sisi Surabaya, yang menjadi salah satu ikon wisata bahari di Provinsi Jawa Timur, khususnya Kota Surabaya," katanya di sela kegiatan Prolasih 2021 di Surabaya.

Kegiatan itu, menggandeng berbagai komponen masyarakat, serta bersinergi dengan kelembagaan pemerintah dan nonpemerintah di Kota Surabaya dan Provinsi Jawa Timur.

Selain itu, turut melibatkan aktivis dari sejumlah organisasi kepemudaan dan lingkungan hidup serta masyarakat maritim di sekitar Jembatan Suramadu sisi Surabaya.

Pangkoarmada Laksda Iwan Isnurwanto menyebut lebih dari 700 personel Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut (TNI AL) bersama personel satuan samping kepolisian/TNI dan instansi terkait dari Pemerintah Kota Surabaya dan masyarakat umum terjun membersihkan sampah di sepanjang pantai kawasan Jembatan Suramadu sisi Surabaya.

"Dengan adanya program laut bersih ini menjadikan kawasan di sekitar Suramadu, khususnya di bentang timur dan barat sisi Surabaya, tercipta lingkungan yang bersih dan hijau," ujarnya.

Dengan begitu, kata Pangkoarmada Iwan, suasana laut di sekitar Jembatan Suramadu sisi Surabaya bisa lebih dinikmati oleh siapa pun yang ingin menghabiskan waktu senggang di kawasan tersebut.

Melalui kegiatan Prolasih yang rutin setiap tahun ini, Pangkoarmada Laksda Iwan Isnurwanto berharap dapat tercipta wilayah maritim yang bersih, hijau, dan asri serta bebas dari segala macam jenis sampah dan polutan.

"Selain itu, yang terpenting adalah menjaga biota laut," ucapnya.

Baca juga: TNI fasilitasi penyuntikan 30.000 dosis vaksin COVID-19 di Trenggalek

Baca juga: Ratusan prajurit TNI AL di Surabaya donorkan plasma konvalesen

Pewarta: A Malik Ibrahim/Hanif Nashrullah
Editor: D.Dj. Kliwantoro
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar