AsiaNet 44016
     
SINGAPURA, 30 Maret 2011 (ANTARA/PRNewswire-AsiaNet) --

Kemitraan pertama di seluruh dunia antara maskapai penerbangan bertarif murah dan biro perjalanan online
    
     AirAsia, maskapai penerbangan bertarif murah terbaik di dunia dan Expedia, Inc., perusahaan perjalanan online terbesar di dunia, hari ini mengumumkan peluncuran usaha patungan baru yang mencakup Asia Pasifik dan menawarkan beragam penerbangan, hotel, dan paket liburan bernilai tinggi.

     (Logo: http://photos.prnewswire.com/prnh/20110121/SF33870LOGO-b)
    
     Ini merupakan kerjasama pertama di seluruh dunia antara perusahaan penerbangan bertarif murah - low cost carrier (LCC) dan biro perjalanan online (OTA). "Perkawinan yang dibuat di surga" antara perusahaan perjalanan online terbesar di dunia, dan maskapai penerbangan paling inovatif di dunia ini, memungkinkan kedua perusahaan mengandalkan kekuatan masing-masing dalam membawa kebahagiaan melalui perjalanan kepada para wisatawan dunia.

     Berdasarkan perjanjian usaha patungan itu, perusahaan baru akan dibentuk untuk mengoperasikan bisnis bermerek Expedia(R) milik Expedia, Inc. di Jepang, India, Asia Tenggara dan pasar Asia Timur lainnya, serta bisnis AirAsiaGo dan GoRooms milik AirAsia. Usaha baru ini akan mengandalkan keahlian pemasaran lokal unik AirAsia, bersama dengan teknologi terkemuka dunia Expedia, dan produk perjalanan berkualitas kedua perusahaan tersebut di wilayah ini dan sekitarnya.

     Usaha baru ini akan memiliki hak distribusi pihak ketiga online eksklusif di wilayah tersbut untuk penerbangan dan paket perjalanan AirAsia dan AirAsiaX yang berarti bahwa dengan beberapa pengecualian di kawasan ini, satu-satunya tempat untuk menemukan dan membuking penerbangan AirAsia adalah AirAsia.com, AirAsiaGo.com dan Expedia. Bersama-sama dengan lebih dari 130.000 hotel di seluruh dunia, ini akan menciptakan serangkaian paket unik bagi pelanggan di Asia dengan tarif yang amat rendah baik di situs AirAsiaGo maupun Expedia.

     Selain itu, AirAsia (AirAsia Malaysia, AirAsia Indonesia, AirAsia Thailand, AirAsiaX dan maskapai penerbangan usaha patungan lain AirAsia) serta Expedia bermitra di luar usaha baru tersebut untuk membuat Expedia penyedia perjalanan pihak ketiga eksklusif untuk inventarisasi AirAsia yang memungkinkan para wisatawan membuking inventarisasi menarik AirAsia di salah satu situs perjalanan Expedia di seluruh dunia.

     Dato' Sri Dr. Tony Fernandes, CEO kelompok, AirAsia, mengatakan, "Dengan pengumuman ini, AirAsia dan Expedia meluncurkan revolusi dalam perjalanan online untuk Asia. Kerjasama antara dua merek global dan pemimpin dalam industri perjalanan terjadi pada saat pemesanan perjalanan online melonjak di kawasan ini. Asia, dan ekonominya yang berkembang pesat, menawarkan peluang besar untuk mengembangkan serangkaian merek konsumen yang dicintai.

     "Kami sangat gembira Expedia menjadi mitra kami dan bangga menyambut mereka ke Asia. Kami telah meluangkan waktu untuk menemukan pasangan hebat yang memahami Asia serta cocok dengan dorongan, semangat dan aspirasi kami," tambah Fernandes.

     "AirAsia telah memungkinkan setiap orang untuk terbang. Melalui kemitraan dengan Expedia ini kami berharap dapat berbagi pengalaman yang juga telah kami bagi dengan orang lain serta membawa perjalanan unik dan pengalaman merek kami lebih lanjut, lebih jauh dan lebih luas," ujar Fernandes.

     Barry Diller, Presiden Komisaris dan Eksekutif Senior, Expedia, Inc., berkata, "Dengan bermitra dengan AirAsia, Expedia mengambil langkah penting dalam mengembangkan posisi kami di seluruh dunia. Ini sangat menarik, mengingat pengaruh Asia di pasar perjalanan online."
    
     "Kami tidak dapat menemukan mitra yang lebih baik dari AirAsia. Selain menjadi maskapai penerbangan bertarif murah terkemuka di kawasan ini, perusahaan itu juga berbagi aspirasi Expedia untuk membuat perjalanan dapat dinikmati oleh semua orang. Saya sangat terkesan oleh pertumbuhan AirAsia dalam jangka waktu yang singkat ini, dan jaringannya yang menakjubkan."
    
     "Terdapat banyak fokus pada perjalanan di Asia saat ini dan kerjasama ini memungkinkan pelanggan kami terhubung dengan jaringan hebat di sini melalui AirAsia. Digabungkan dengan pilihan mengesankan penawaran perjalanan global dan teknologi paket Expedia, kami berpendapat kemitraan ini memungkinkan kedua perusahaan menawarkan kepada para pelancong produk perjalanan berkelas dunia dengan nilai yang tak tertandingi," tambah Diller.

     Untuk merayakan perpaduan yang bahagia ini, www.AirAsiaGo.com akan menawarkan diskon hotel hingga 80% off di 10 kota Asia selama tiga hari mulai tanggal 29 Maret, dan Expedia akan meluncurkan situs web barunya untuk Malaysia www.expedia.com.my dan situs untuk Thailand www.expedia.co.th dengan penjualan selama dua minggu hingga 60% off pada tujuan di Asia Tenggara.

     Situs web bermerek AirAsia www.airasiago.com dan www.gorooms.com serta perusahaan bermerek Expedia yang ada milik Expedia, Inc. di Jepang (www.expedia.co.jp), India (www.expedia.co.in) dan Singapura (www.expedia.com.sg) bersama dengan pasar-pasar baru yang diluncurkan hari ini di Malaysia (www.expedia.com.my) dan Thailand (www.expedia.co.th) akan dioperasikan oleh usaha patungan tersebut.

     Tentang AirAsia
     AirAsia, maskapai penerbangan bertarif murah terkemuka dan terbesar di Asia, melayani jaringan terluas dengan sekitar 139 rute yang meliputi daerah tujuan di Asia, Australia dan Eropa. Dalam operasinya selama lebih dari delapan tahun, AirAsia telah membawa lebih dari 100 juta penumpang dan mengembangkan armadanya dari hanya dua menjadi sekitar 100 pesawat. Perusahaan penerbangan itu saat ini bangga menjadi maskapai penerbangan yang benar-benar Asean (Perhimpunan Negara-Negara Asia Tenggara) dengan operasi yang sudah mapan di Malaysia, Indonesia dan Thailand, dengan melayani jaringan yang membentang di semua negara Asean, China, India, Bangladesh, Sri Lanka dan Australia. Ini kemudian disempurnakan oleh AirAsia X, maskapai penerbangan afiliasi jarak jauh bertarif murah yang saat ini terbang ke tujuan di China, Australia, Taiwan, India, Iran, Jepang, Korea, Selandia Baru, Perancis dan Inggris. AirAsia terpilih sebagai World's Best Low Cost Airline dalam World Airline Survey tahunan yang dilakukan oleh Skytrax selama dua tahun berturut-turut, pada tahun 2009 dan 2010.

     Tentang Expedia
     Expedia, Inc. (Nasdaq: EXPE), perusahaan perjalanan online terkemuka di dunia, mengoperasikan Expedia.com.sg di Singapura. Expedia membantu para pelancong merencanakan dan membuking perjalanan mereka dengan menyediakan layanan sesuai selera, teknologi mutakhir dan berbagai pilihan paket liburan, penerbangan murah, pemesanan kamar hotel, sewa mobil, atraksi & aktivitas di tempat tujuan, wisata petualangan dan asuransi perjalanan yang sesuai dengan kebutuhan perjalanan mereka.

     Tentang Expedia, Inc.
     Expedia, Inc. adalah perusahaan perjalanan online terbesar di dunia, dengan portofolio merek luas yang mencakup lebih dari 90 situs bermerek lokal Expedia.com(R) - dan Hotels.com; situs perjalanan diskon terkemuka AS Hotwire(R); perusahaan hotel agen terkemuka Venere.com(TM); Egencia(R), perusahaan manajemen perjalanan korporat terbesar kelima di dunia; komunitas perjalanan terbesar dunia TripAdvisor(R) Media Network; penyedia aktivitas di tujuan ExpediaLocalExpert(R); spesialis perjalanan mewah Classic Vacations(R), dan situs pemesanan tempat terbesar kedua di China eLong(TM). Perusahaan ini memberikan nilai konsumen dalam perjalanan bisnis dan liburan, mendorong permintaan tambahan dan pemesanan tempat langsung untuk pemasok perjalanan, serta memberi para pengiklan peluang luas untuk menjangkau khalayak yang paling berharga konsumen perjalanan di pasar mana saja melalui TripAdvisor Media Network dan Expedia Media Solutions. Expedia juga memperkuat pemesanan tempat beberapa maskapai penerbangan dan hotel terkemuka di dunia, merek konsumen terbaik, situs web yang amat sibuk, dan ribuan afiliasi aktif melalui Expedia(R) Affiliate Network. (NASDAQ: EXPE)
    
     Expedia dan logo Airplane adalah merek dagang terdaftar atau merek dagang Expedia, Inc. di AS dan/atau negara lain. Logo atau produk lain dan nama perusahaan tersebut di sini boleh jadi milik perusahaannya masing-masing.

     (c) 2011 Expedia, Inc. Semua hak dilindungi undang-undang.

     SUMBER: Expedia, Inc.

     KONTAK: Sarada Chellam, schellam@iconinternational.com.sg, Soon Lishan, lsoon@iconinternational.com.sg, atau Brenda Yeo, byeo@iconinternational.com.sg, ICON International Communications, +65 6220 2623 (Singapura), untuk Expedia; atau Ed Schmidt, Humas dan Komunikasi, Expedia SE Asia, v-eschmidt@expedia.com; atau Daphne Cheah Ui Jen, Communication, AirAsia, cheahuijen@airasia.com

Pewarta: Adityawarman
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2011