Jakarta (ANTARA News) - PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BNI) mendukung implementasi layanan Tiket Terpadu Antar-Moda Online (TITAM) yang merupakan sistem ticketing secara online untuk angkutan transportasi di Indonesia.

BNI bekerja sama dengan lima perusahaan yang bergerak di bidang perhubungan dan penandatanganan kesepakatan disaksikan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Mustafa Abubakar di Jakarta, Rabu.

PT Kereta Api Indonesia (Persero), PT ASDP Indonesia Ferry (Persero), PT Pelayaran Nasional Indonesia (Persero), Perum Damri, dan PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk, serta PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk, sebagai penyedia jaringan penghubung sistem ticketing dengan masing-masing penyedia moda transportasi tersebut.

Kerja sama ini ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman antara Direktur Utama BNI, Gatot M Suwondo, dengan Direktur Utama PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk, Rinaldi Firmansyah; Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia (Persero), Ignasius Jonan; Direktur Utama PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk, Emirsyah Satar.

Direktur Utama PT Pelayaran Nasional (Persero), Jussabella Sahea; Direktur Utama Perum Damri, Agus Suherman Subrata, dan Direktur Utama PT ASDP Indonesia Ferry (Persero), Sirajuddin Saini.

Menurut Gatot, kerjasama ini merupakan komitmen BNI untuk memberikan layanan perbankan dalam mendukung peningkatan pelayanan kepada masyarakat/pelanggan dalam menggunakan sarana transportasi di Indonesia melalui layanan sistem pertiketan yang terpadu.

"Kerja sama ini juga menjadi upaya dalam membentuk sinergi antar BUMN melalui peningkatan efisiensi pengelolaan bisnis dan operasional, yang pada kahirnya juga dapat dinikmati masyarakat dengan kualitas layanan publik yang lebih baik dan murah," katanya.

Kartu TITAM merupakan kartu member dan juga terintegrasi untuk transaksi prabayar (prepaid) diterbitkan BNI yang akan digunakan untuk pembelian tiket moda transportasi. Untuk implementasi pertama, Kartu TIM akan digunakan untuk pembelian tiket KAI, Damri, Pelni dan ASDP.

Pada kesempatan yang sama, secara khusus BNI juga menadatangani nota kesepahaman kerjasama dengan PT Kerata Api Indonesia (Persero) atau KAI tentang penyediaan dan pemanfaatan layanan perbankan, antara lain penerbitan kartu cobranding KAI dan BNI.

Selain itu juga pembayaran tiket kereta api melalui E-channel BNI, penerbitan kartu pegawai elektronik, fasilitas kredit konsumer untuk pegawai KAI, fasilitas kredit kepada koperasi KAI, layanan integrated cash management.

Fasilitas kredit korporasi, fasilitas kredit kepada supplier/vendor KAI, penerbitan corporate card, pemanfaatan produk treasury dan trade finance, promosi bersama, dan kerjasama layanan produk dan jasa perbankan lainnya.

(D012/S019/S026)

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2011