Padang (ANTARA News) - Kesebelasan PS Semen Padang (SP) memenuhi tekadnya meraih poin penuh tiga setelah mengalahkan tamunya Persijap Jepara 3-0 pada lanjutan Kompetisi Liga Super Indonesia di Stadion H Agus Salim Padang, Rabu malam.

Dalam pertandingan dipimpin wasit Jerry Elli itu, tiga gola masing-masing diciptakan pemain SP, M Rizal menit delapan babak pertama dan dua gol di babak II melalui Saktiawan Sinaga di menit 48 dan Edwar Wilson Junior di meneit ke 84.

Tim tuan rumah didukung sekitar 10.000 pendukungnya, langsung menekan sejak awal babak pertama dan di menit 1 sudah mendapat peluang emas melalui sang kapten, Ellie Aiboy namun belum menghasilkan gol setelah bola tendangan Ellie melenceng tipis dari tiang kiri gawang Persijap yang dikawa, M Yasin.

Pemain-pemain SP yang diasuh pelatih Niel Mizar terus menekan pertahanan Persijap dan membuahkan hasil pada meneit ke-8 melalui tendangan M Rizal. Gol terciptakan melalui kerjasama cantik Rizal dengan Ellie.

Ellie yang menusuk sisi kiri pertahanan Persijap mengirim bola dengan tumit dan sodoran itu langsung diteruskan dengan tendangan keras Rizal ke dalam gawang Persijap. Bola yang meluncur deras gagal dihalau kiper M Yasin sehingga gol tercipta dan SP unggul sementara 1-0.

Tertinggal 0-1, anak-anak Jepara langsung merespon dengan meningkatkan serangan dan nyaris menyamakan kedudukan pada menit ke 11, namun tendangan jarak jauh Danan Pustito dari luar kotak pinalti Sp, melayang tipis diatas gawang yang dikawal Samsidar.

SP langsung membalas serangan dan menit ke 12 nyaris menambah gol jika Esteban Vizcara berhasil memanfaatkan umpan cantik Saktiawan Sinaga, bola liar meluncur ke sisi gawang M Yasin, skor bertahan 1-0 sampai babak pertama berakhir.

Sama dengan awal babak I, SP juga langsung mendominasi permainan sejak awal babak II dan dimenit ke 46 mendapat peluang melalui Ellie Aiboy yang telah berhadapan dengan kiper M yasin, namun bola dapat ditahan kiper Persijap itu.

Hanya berselang dua menit, pemain SP Saktiawan Sinaga tidak membuang lagi peluang emas setelah menerima umpan cantik dari Ellie di sisi kiri pertahanan Persijap.

Umpan tarik dari sisi kiri itu berhasil dimaksimalkan Sinaga yang dengan tendangan keras menyambut bola dan membelokan bola ke dalam gawang Persijap tanpa dapat ditahan kiper. Skor berubah 2-0 untuk tambahan keunggulan tim SP.

Unggul dua gol tidak menyurutkan semangat anak-anak dari bukit Indarung itu, namun pada menit ke 50, kekuatan tim ini berkurang, setelah M Rizal menerima kartu kuning kedua dan mendapat kartu merah dari wasit setelah dinilai sengaja menyentuh bola dengan tangannya.

Kalah jumlah pemain tidak menyurutkan daya gedor SP yang justru terus menekan pertahan Persijap. Tim tamu hanya sekali-sekali mencoba membalas melalui serangan balik yang diakhiri dengan tendangan jarak jauh ke arah gawang.

Upaya pemain Persijap itu nyaris berbuah hasil pada menit ke 60, namun bola hasil tendangan keras Johan Juansyah dari luar kotak pinalti SP dapat ditepis dengan baik kiper Samsidar, sehingga tim tamu hanya mendapat tendangan sudut.

SP lalu membalas dan di menit 63, Esteban Vizcara juga nyaris menambah keunggulan tim tuan rumah, namun tendangannya dari dalam kotak pinalti melayang diatas mistar gawang Persijap.

Begitu pula peluang striker SP, Edward Wilson Junior di Menit 65 juga gagal meski pemain tersebut sudah berhadapan dengan kiper M Yasin, M Yasin dapat mematahkan peluang itu setelah berhasil menangkap bola tendangan Wilson.

Menit ke 68, giliran Suheri Daud gagal menambah keunggulan Sp, setelah sundulannya melanjutkan bola hasil tendangan bebas Yu Hyun-Ho masih melayang tipis diatas gawang Persijap.

Persijap juga mendapat peluang melalui tendangan bebas, Jose Sebastian namun bola juga melayang di atas mistar gawang.

Setelah beberapa peluangnya terbuang, pada menit ke 84 penyerang SP Wilson Junior berhasil menambah keunggulan SP menjadi 3-0, setelah bola sodoran dari David Pagbe diceploskannya ke dalam gawang yang telah ditinggal kiper M Yasin.

Skor 3-0 bertahan hingga pertandingan berakhit. Dengan meraih tiga poin maka SP nik ke posisi dua klasemen Liga Super Indonesia dengan total 35 hasil 19 kali pertandingan.(*)

(ANT/H014)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2011