Samarinda (ANTARA) - Kabupaten Mahakam Ulu, Provinsi Kalimantan Timur telah berstatus zona hijau COVID-19 setelah tidak adanya pasien terkonfirmasi positif yang menjalani perawatan atau nihil kasus pada update kasus harian, Sabtu.

Juru bicara Satgas COVID-19 Provinsi Kaltim Andi Muhammad Ishak mengatakan sehari sebelumnya, yakni pada Jumat (12/11), Kabupaten Berau juga masuk dalam zona hijau, namun pada update harian kali ini terjadi penambahan dua kasus positif sehingga kembali masuk dalam zona kuning.

"Untuk zona kuning COVID-19 di wilayah Kaltim terjadi di delapan Kabupaten dan Kota, diantaranya Berau, Samarinda, Panajam Paser Utara, Paser, Bontang, Kutai Kartanegara, Kutai Barat dan Kutai Timur," ujar Andi Muhammad Ishak di Samarinda.

Sedangkan satu- satu wilayah Kaltim yang masih berstatus zona oranye, yakni Kota Balikpapan dengan jumlah pasien COVID-19
yang dirawat sebanyak 29 orang.

Baca juga: Pupuk Kaltim bantu pemerintah percepat "herd immunity" di Bontang

Baca juga: Dua wilayah Kaltim zona oranye dan 8 zona kuning


Andi menjelaskan pada update kasus harian telah terjadi penambahan sebanyak 28 kasus sembuh dan kasus positif bertambah 7 kasus.

Dengan adanya tambahan kasus baru menjadikan akumulasi kasus terkonfirmasi positif COVID-19 di Kaltim sebanyak 158.099 kasus, sedangkan yang telah dinyatakan sembuh sebanyak 152.557 kasus.

"Hingga saat ini jumlah pasien COVID-19 yang masih menjalani perawatan di seluruh Kaltim berjumlah 91 orang," kata Andi.

Kasus meninggal dunia tidak terjadi penambahan sehingga jumlah total kasus meninggal dunia akibat virus corona di Kaltim masih di angka 5.451 orang.

Menurut Andi, disiplin protokol kesehatan masih menjadi senjata utama untuk menangkal penyebaran virus selain dengan program vaksinasi.

"Ingat sebentar lagi memasuki perayaan Natal dan Tahun Baru, masyarakat harus tetap waspada dengan potensi lonjakan kasus, tetap jalankan protokol kesehatan dalam kegiatan sehari- hari," ujar Andi Muhammad Ishak.*

Baca juga: Enam kabupaten di Kaltim zona kuning dan empat zona oranye COVID-19

Baca juga: Kaltim terbebas dari zona merah COVID-19

Pewarta: Arumanto
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2021