Jakarta (ANTARA News) - Politisi muda Partai Golkar Aziz Syamsuddin, disela-sela ibadah umrohnya di Tanah Suci, menyatakan siap melangkah sebagai calon Gubernur DKI Jakarta 2012.

"Saya siap lahir batin untuk maju sebagai calon gubernur DKI Jakarta 2012 dengan dukungan penuh masyarakat dan partai Golkar," ujar Wakil Ketua Komisi III DPR RI itu  melalui email kepada ANTARA di Jakarta, Jumat.

Pria yang akrab dipanggil Bang Aziz ini membeberkan sejumlah pandangan politiknya mengenai bagaimana dia harus menghadapi tantangan yang tidak ringan dalam membenahi Jakarta kedepannya.

 "Jakarta harus dikelola melalui pendekatan budaya perkotaan yang humanis," ujar Aziz.

Aziz melanjutkan, "Saya melihat, sebagai ibukota negara, Jakarta sudah selayaknya menjadi kota modern dengan skala internasional."

Untuk itu pembangunan kota ini, katanya, harus berwawasan lingkungan, berkelanjutan dan mengakomodasi berbagai persoalan sosial yang sifatnya sangat lokal tapi memberi warna terhadap identitas kota keseluruhan.

Aziz juga menyinggung kemacetan dan banjir tahunan yang disebutnya menjadi prioritas utama yang harus dipecahkan.

Aziz menganalisa tiga hal utama yang menurutnya kunci mengatasi masalah krusial di Jakarta saat ini, yaitu masalah kependudukan, tata ruang kota terutama masalah implementasi rencana tata ruang dan pengawasan di lapangan.

"Untuk membenahi tiga hal itu perlu waktu yang cukup, tidak bisa instan. Tapi kita harus bisa membuat program yang memperlihatkan progress atau perubahan yang cepat ke arah perbaikan," katanya.(*)

ANT/D011

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2011