Jakarta (ANTARA News) - Sebelumnya Microsoft telah membuat banyak klaim tentang kecepatan IE9, dan sekarang perusahaan itu juga mengatakan bahwa browser versi terakhirnya itu juga terhemat dalam kompetisi penggunaan energi.

Menurut beberapa pengujian yang dilakukan Microsoft, IE9 memakan daya listrik baterai komputer lebih rendah, pada beberapa skenario. Browser Firefox 4, tidak jauh beda, berada di urutan kedua, Opera 11 adalah browser paling boros selama tes.

Para peneliti di Microsoft menguji Chrome 10, Firefox 4, Safari 5, Opera 11 dan Internet Explorer 9 head-to-head dalam tiga skenario berbeda.

Pertama, mereka mengukur konsumsi daya bateri tanpa menjalankan browser, lalu mereka melihat berapa daya baterai yang terserap ketika browser digunakan dalam keadaan: black page.

Selanjutnya mereka membuka website bertipikal konten berita dan mengukur konsumsi daya baterai dalam situasi browsing-web satu tipikal.

Dalam tes akhir, masing-masing browser menjalankan Galactic, sebuah penguji performa browser berbasis HTML5, dan Tank FishIE, satu penguji performa lainnya.

Microsoft melakukan pengujian dengan menggunakan laptop Intel yang menjalankan Windows 7. Untuk memastikan browser itu hemat, tes yang sama juga dilakukan pada berbagai perangkat dan OS. Kami ingin tahu jika IE9 tetap sama bagusnya pada tablet Android, sebagai contoh.

Meskipun senang mengetahui browser IE 9 membuat baterai komputer bertahan lama, statistik itu mungkin tidak berdampak besar dalam perang browser yang sedang berlangsung.

Internet Explorer telah kehilangan pasar karena Chrome dan Firefox. Umumnya, konsumen tidak menempatkan efisiensi energi sebagai faktor penentu ketika memilih web browser, tulis Mashable dalam laporannya.

(Adm/S026)

Penerjemah: Adam Rizallulhaq
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2011