Jumlah penonton turnamen IYC 2021 di JIS dibatasi

Jumlah penonton turnamen IYC 2021 di JIS dibatasi

Foto udara pembangunan Jakarta International Stadium (JIS) di Tanjung Priok, Jakarta, Selasa (26/10/2021). ANTARA FOTO/Galih Pradipta/aww.

Kami belum bisa mengisi penuh
Jakarta (ANTARA) - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyatakan panitia membatasi jumlah penonton pada final turnamen International Youth Championship (IYC) di Jakarta International Stadium (JIS) pada 11 Desember 2021.

“Kami mulai membuka tapi masih dibatasi jumlahnya. Kami belum bisa mengisi penuh walau pun stadion ini kapasitasnya 82 ribu tapi yang mungkin bisa dipakai tentu tidak sebanyak itu,” kata Anies di Jakarta, Kamis.

Baca juga: Tiga klub sepak bola asal Spanyol jajal JIS

Meski begitu, Gubernur DKI tidak membeberkan kapasitas yang diizinkan pada partai puncak turnamen yang dihadiri klub dunia, yakni Real Madrid U-18, Atletico Madrid U-18, Barcelona U-18, dan Indonesia Selection U-20.

Namun, sesuai ketentuan dalam Keputusan Gubernur DKI Nomor 1369 Tahun 2021 yang berlaku 16 November 2021, sarana olahraga diizinkan buka dengan penerapan protokol kesehatan lebih ketat yakni kapasitas maksimal 75 persen dan wajib menggunakan aplikasi Peduli Lindungi.

Anies menambahkan ketika laga final, konstruksi JIS masih belum 100 persen rampung atau diperkirakan mencapai sekitar 85 persen.

Meski begitu, lanjut dia, fasilitas utama di JIS sudah siap untuk pertandingan sepak bola tersebut termasuk fasilitas penunjang yang sifatnya wajib.

Rencananya, ajang final IYC di JIS juga akan menjadi kegiatan peluncuran awal stadion di Jakarta Utara itu.

Baca juga: Pagar pembatas penonton di tribun JIS didesain tak terlalu tinggi

Ajang International Youth Championship 2021 berlangsung di Bali dan DKI Jakarta dengan babak penyisihan berlangsung mulai 4-8 Desember 2021 di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Kabupaten Gianyar, Bali.

Kemudian, babak final akan diadakan di Jakarta International Stadium (JIS) Jakarta Utara pada 11 Desember 2021.

Tangkapan layar - Gubernur Bali I Wayan Koster dalam jumpa pers menjelang turnamen International Youth Championship (IYC) di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali, Kamis (18/11/2021) ANTARA/Dewa Ketut Sudiarta Wiguna
Sementara itu, dalam konferensi pers virtual Gubernur Bali I Wayan Koster menginginkan agar diberikan izin bagi penonton 25 persen dari kapasitas tempat duduk Stadion Kapten Dipta.

Adapun kapasitas tempat duduk atau single seat sekitar 10.800 tempat duduk di Stadion Kapten Dipta.

Koster menambahkan jumlah peserta baik pemain dan official empat klub tersebut mencapai 150 orang.

“Bila diizinkan kami akan terapkan protokol kesehatan ketat dan menerapkan aplikasi Peduli Lindungi meskipun penonton diizinkan 25 persen itu tetap akan terjaga dengan baik,” katanya.

Baca juga: 500 kursi berdesain tunggal sudah terpasang di tribun penonton JIS

Pewarta: Dewa Ketut Sudiarta Wiguna
Editor: Taufik Ridwan
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Progres pengerjaan JIS sudah mencapai 93,85 persen

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar