Jakarta (ANTARA) - Wali Kota Jakarta Utara Ali Maulana Hakim mengatakan pihaknya masih menunggu arahan lebih lanjut dari Pemerintah Provinsi DKI Jakarta terkait rencana Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level tiga untuk seluruh wilayah selama libur natal dan tahun baru.

"Terkait peningkatan PPKM, itu kami masih menunggu tetap," kata Ali saat ditemui ANTARA di Pademangan, Jakarta Utara, Kamis.

Baca juga: Muhadjir jelaskan alasan penerapan PPKM level 3 saat Natal-Tahun Baru

Dalam sambutannya saat penyaluran produksi oksigen dari PT Indonesia Power di lokasi setempat, Ali mengingatkan adanya kemungkinan peningkatan status PPKM menjadi level tiga untuk seluruh wilayah, terjadi pada Desember akhir serta awal 2022 nanti.

"Saya ingatkan kemungkinan di bulan Desember akhir serta akhir tahun ini, PPKM level tiga akan diberlakukan kembali untuk seluruh, nah untuk seluruh, jadi nanti terjadi pemerataan," kata Ali.

Menurut Ali, pemerintah khawatir apabila aktivitas masyarakat saat libur natal dan tahun baru tidak dibatasi oleh aturan-aturan dalam PPKM level tiga, maka berakibat terjadinya gelombang tiga penularan COVID-19.

Baca juga: Menko PMK sebut PPKM level 3 berlaku merata saat Natal dan Tahun Baru

Untuk itu, Wali Kota Jakarta Utara berharap masyarakat setempat tetap menerapkan protokol kesehatan secara disiplin selama PPKM level satu di Provinsi DKI Jakarta, agar tidak terjadi peningkatan kasus COVID-19 meski masyarakat sedang produktif berkegiatan.

"Kita sekarang PPKM level satu, dalam artian kegiatan sudah mulai dikendurkan. Tetapi bukan berarti protokol kesehatan kita kendorkan," kata Ali.

Ia mengatakan protokol kesehatan tetap tidak kendur selama PPKM level satu, yang ada adalah penyesuaian aktivitas dengan aturan berkegiatan yang dilonggarkan agar masyarakat bisa lebih aktif dan produktif.

Baca juga: Guru di Jakarta Barat wajib masuk 100 persen selama PPKM Level 1

Pewarta: Abdu Faisal
Editor: Taufik Ridwan
Copyright © ANTARA 2021