Jakarta (ANTARA) - Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19 menyebutkan sebanyak 23 kabupaten/kota di Indonesia masih menjalankan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 3 hingga mudik 2022 selesai dilakukan.

“Kebijakan PPKM leveling akan terus berlanjut sampai dengan kondisi COVID-19 di tingkat internasional dan nasional dapat terkendali dengan baik,” kata Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan COVID-19 Prof Wiku Adisasmito dalam Konferensi Pers Perkembangan Penanganan COVID-19 di Indonesia Per 10 Mei 2022 yang diikuti secara daring di Jakarta, Selasa.

Wiku menuturkan satu kabupaten/kota di Pulau Jawa dan Bali yakni Kabupaten Pamekasan masih berada dalam status PPKM level 3. Begitu pula dengan 22 kabupaten/kota yang berada di luar Pulau Jawa dan Bali.

Dengan melalui sejumlah pertimbangan, akhirnya per 10 Mei 2022 pemerintah kembali mengumumkan bahwa PPKM leveling kembali diperpanjang hingga 23 Mei 2022 mendatang sesuai dengan Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 24 Tahun 2022 tentang PPKM Jawa-Bali dan Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 25 Tahun 2022 tentang PPKM di Luar Jawa-Bali.

Baca juga: Pemerintah tambah kapasitas pengunjung kafe di DKI jadi 75 persen

Baca juga: Disdikbud Bangkalan berlakukan PTM penuh pascalibur Lebaran 2022


Wiku ikut menekankan pemerintah tidak ingin terburu-buru mengambil langkah dalam menghadapi pandemi COVID-19. Sehingga setiap aturan maupun kebijakan yang diambil akan terus disesuaikan dengan melihat kondisi baik secara nasional maupun global.

Setiap kebijakan yang diterapkan juga akan disesuaikan dengan perkembangan dari setiap indikator penanganan COVID-19 seperti angka kematian, keterisian rumah sakit (BOR), angka kesembuhan, kasus positif dan kasus aktif di Indonesia.

Dalam acara tersebut, Wiku turut mengucapkan terima kasih kepada setiap pemerintah daerah yang berhasil menurunkan level PPKM di daerahnya dan giat mematuhi aturan-aturan dalam pembatasan masyarakat guna melindungi kesehatan masyarakat.

Dirinya turut mengapresiasi kinerja TNI/Polri, pemerintah daerah dan kementerian/lembaga terkait yang telah berjuang bersama-sama menyukseskan kegiatan mudik 2022 yang aman dan nyaman.

Wiku juga mengapresiasi seluruh masyarakat yang bersedia mematuhi aturan bagi para pelaku perjalanan yang sudah diterapkan oleh pemerintah sebelumnya.

“Saya ucapkan terima kasih kepada aparat TNI/Polri, pemerintah daerah, kementerian/lembaga dan seluruh masyarakat yang berjuang menyukseskan agenda mudik Lebaran di tahun 2022. Perlu kita sadari bahwa kedisiplinan dan kolaborasi seluruh pihak merupakan hal yang paling utama dan menjadi kunci dalam penanganan pandemi COVID-19,” kata Wiku.*

Baca juga: Satgas tetapkan Belitung Timur PPKM level 1 COVID-19

Baca juga: Wali Kota Makassar imbau rayakan Lebaran tetap patuhi prokes


Pewarta: Hreeloita Dharma Shanti
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2022