Jakarta (ANTARA News) - Microsoft Corp menggandeng Toyota Motor Corp pada Rabu untuk memberikan layanan konektivitas Internet di setiap mobil Toyota di seluruh dunia.

Perusahaan peranti lunak terbesar dunia bersama pembuat mobil terbesar itu akan menginvestasikan 12 juta dolar (1 milyar yen) di Toyota Media Service Co, sebuah unit Toyota yang menangani teknologi digital untuk pelanggan.

Toyota berencana memasang jaringan Internet berbasis "cloud computing" dari platform Microsoft Azure pada 2015, sehingga para pelanggan Toyota di seluruh dunia dapat mengakses layanan digital Toyota, seperti GPS, multimedia, dan kemampuan memantau daya pada mobil bertenaga listrik dan hibrida.

Salah satu rencana pelayanan Toyota yaitu memonitor dan mengintegrasikan penggunaan daya listrik di rumah dan mobil untuk memaksimalkan efisiensi, misalnya pengisian daya listrik pada mobil secara otomatis dengan tarif listrik sehemat mungkin.

Toyota mendapatkan keuntungan dari layanan Internet ke pelanggan Toyota di 170 negara melalui penggunaan satu platform cloud Microsoft, daripada mendesain jaringan dari pusat data di setiap negara.

Presiden Toyota Akio Toyoda berkunjung ke markas besar Microsoft di Seattle, AS, untuk mengumumkan kemitraan itu bersama CEO Microsoft Steve Ballmer.

Toyoda mengatakan awalnya dia ragu untuk meninggalkan kantornya di Jepang yang sedang berjuang bangkit pascagempa bulan lalu, tapi mengutamakan peluang bisnis di masa depan adalah cara terbaik untuk membantu pemulihan Jepang.

Microsoft telah bekerja sama dengan Toyota selama lebih dari satu dekade, tetapi pengumuman kerjasama pada Rabu adalah sinyal dari eskalasi kerjasama mereka.

Perusahaan perangkat lunak baru-baru ini sedang bekerjasama dengan Ford Motor Co. untuk teknologi industri mobil, demikian dilaporkan Reuters.

(Adm/S026)

Penerjemah: Adam Rizallulhaq
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2011