Ini hanya tiga poin tetapi ini dapat membuka peluang kami. Kami berjanji dengan diri kami sendiri akan berusaha keras sampai akhir pertandingan musim ini. Masih ada tujuh pertandingan lagi
Blackpool, Inggris Raya (ANTARA News) - Arsene Wenger mengumandangkan testimoni bahwa Arsenal akhirnya bangkit kembali dari kehancuran mental setalah meraih menang 3-1 atas Blackpool.

Pada akhir Februari, tim Wenger itu bermimpi meraih gelar tetapi mereka kalah di final Piala Liga melawan Birmingham dan kandas di Piala FA serta Liga Champions, sedangkan harapan di Liga Utama diiringi dengan tiga hasil seri.

Wenger mengakui, kemundurkan permainan timnya itu amat serius menimbulkan rasa trauma tetapi ia kini melihat adanya tanda-tanda bagus ketika mereka menang Minggu di Bloomfield Road sehingga perjalanan mereka di jalur benar dalam usaha menguber gelar juara yang kembali terbuka.

Gol dari Abou Diaby, Emmanuel Eboue dan Robin van Persie membuat Arsenal terpaut tujuh poin dengan Manchester United dan tim Gunners itu masih memiliki beda satu pertandingan dibanding pimpinan klasemen serta satu pertandingan Mei melawan tim Sir Alex Ferguson itu di Stadion Emirates.

"Pada awalnya amat mengecewakan," kata Wenger, "Bila Anda tidak dapat mencetak gol tapi akhirnya mampu bertahan dan menunjukkan kekuatan mental, tentu amat bagus."

"Ini hanya tiga poin tetapi ini dapat membuka peluang kami. Kami berjanji dengan diri kami sendiri akan berusaha keras sampai akhir pertandingan musim ini. Masih ada tujuh pertandingan lagi. Waktunya masih panjang, masih banyak pertandingan," katanya.

Wenger juga terpana dengan penampilan penjaga gawang dari Jerman, Jens Lehmann, yang muncul lagi pertama kalinya setelah absen selama 11 bulan.

Lehmann (41) tampil dari tempat peristirahatannya sejak Maret untuk menolong bekas klubnya itu setelah Wojciech Szczesny mengalami cedera jari tangan ketika melawan Barcelona.

Setelah penjaga gawang utama Manuel Almunia mengalami masalah dengan kakinya dalam pemanasan di Bloomfield Road, Minggu, Lehmann dipanggil untuk beraksi lagi pertama kalinya sejak ia meninggalkan Stuttgart pada Mei tahun lalu.

Wenger tidak yakin dengan kondisi Almunia yang cedera dan juga cedera Szczesny dan apakah pemain itu dapat turun melawan Liverpool pada laga Minggu.

Tapi pelatih dari Prancis itu menyatakan ia tidak ragu untuk kembali menurunkan Lehmann bila ia memandang hal itu harus dilakukannya.

Wenger mengatakan, "Saya tidak khawatir karena saya mengganti penjaga gawang bagus dengan penjaga gawang bagus."

"Satu yang saya khawatirkan, kami tidak memiliki penjaga gawang di bangku cadangan dan bila sesuatu terjadi pada Jens, karena ia tidak bermain dalam waktu lama, maka kami akan menghadapi masalah," katanya.

"Tapi ia akan tampil bagus. Ia menguasai permainan, berorganiasi dengan temannya dengan bagus dan menunjukkan keprimaannya," katanya.

Lehmann sendiri merasa yakin Arsenal memiliki kepercayaan diri dan dapat mengatasi penampilan United.

Pemain dari Jerman itu, kini memasuki tahun kedua bersama Arsenal, mengatakan, "Tidak ada seorang pun yang tahu apa yang akan terjadi dalam hidup ini."

"Manchester United merupakan tim hebat, tetapi mereka harus bermain dalam banyak kompetisi dalam minggu-minggu mendatang dan berdasar pengalaman betapa lelahnya mereka," katanya.

Diaby dan Eboue membuat Arsenal memimpin pada babak pertama setelah Gary Taylor-Fletcher membalas, akhirnya van Persie mencetak gol kemenangan Arsenal.

Blackpool hanya satu poin terpaut dari zona degradasi setelah menang dalam satu kali dari 12 pertandingan mereka.

Tetapi pelatih Ian Holloway menyatakan para pemainnya harus percaya bahwa mereka dapat menjauh dari zona berbahaya.

"Kami bukan tim seperti David dan Goliath, kami seperti gladiator yang memasuki arena dengan membawa tusuk gigi," kata Holloway.

"Saya mungkin seperti membawa pedang dan perisai tetapi kami belum menusukkannya, jadi saya ingin para pemain tetap merasa percaya diri tinggi," katanya.
(*)


 

Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2011