ada empat tahapan yang harus dicapai untuk menjadi seorang pemimpin
Leuwiliang, Bogor (ANTARA) - Ketua Bidang Pendidikan Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Gus Udin memberikan pelatihan kepemimpinan kepada kader Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU).

"Pesan saya khususnya kepada kader IPNU agar dapat bermimpi dan berfikir lebih jauh dari orang lain, karena itulah jiwa pemimpin sebenarnya," kata Gus Udin dalam Latihan Kader Muda (Lakmud) ke-4 IPNU di Leuwiliang, Bogor, Minggu.

Menurutnya, ada empat tahapan yang harus dicapai untuk menjadi seorang pemimpin. Tahapan pertama yaitu "musta'malah" atau berperan aktif dalam kehidupan sehari-hari dan tidak bermalas-malasan, termasuk dalam konteks berorganisasi.

Tahapan kedua, "dauroh mu'tarofah" atau tahap dikenal orang ketika aktif di masyarakat maupun organisasi. Tahapan ketiga, "dauroh mu'tabaroh" atau tahapan ketika masyarakat merasakan hasil dan manfaat dari peran aktif yang dijalani.

Tahapan keempat yaitu "dauroh muhtaromah" atau tahap ketika dimuliakan dan dihargai oleh orang lain.

“Seorang Pemimpin Adalah seorang yang Selalu Menginspirasi Dan Berfikir jauh Kedepan untuk Maju, mau berbuat lebih dan bekerja lebih dari orang lain” ujar Gus Udin yang merupakan kandidat doktor ilmu politik di Universitas Islam Negeri (UIN) Jakarta.

Kegiatan Lakmud IPNU Kabupaten Bogor yang digelar sejak 19 November 2021 itu juga menghadirkan beberapa tokoh Nahdlatul Ulama (NU) lainnya, seperti Rois Syuriah PCNU Kabupaten Bogor KH Bundari Abas dan Wakil Ketua PCNU KH Waspada.
Baca juga: Bupati Bogor gandeng pemuka agama yakinkan kehalalan vaksin COVID-19
Baca juga: Penyuluh agama dan amil di Kabupaten Bogor dapat insentif Rp2,4 juta
Baca juga: Wisata peradaban Islam pertama akan dibangun di Bogor

Pewarta: M Fikri Setiawan
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2021