Jakarta (ANTARA) - Wakil Ketua MPR RI Zulkifli Hasan menekankan pentingnya menjaga kelancaran komunikasi antara pemerintah pusat dengan pemerintah daerah karena akan menentukan keberhasilan pembangunan di daerah dan nasional.

"Dalam era kompetisi demokrasi ini, semua daerah berlomba-lomba untuk memajukan daerahnya masing-masing. Membangun setiap daerah dalam rangka memajukan pembangunan nasional. Karena itu, informasi dan kecepatan komunikasi antara pusat dan daerah akan menentukan keberhasilan dalam membangun daerah," kata Zulkifli dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Minggu.

Menurut dia, silaturahim tersebut menjadi penting sebagai ajang komunikasi untuk mengetahui apa yang sedang diperjuangkan dan diharapkan masyarakat di perantauan serta apa yang sudah dikerjakan, diinginkan pemerintah daerah, dan masyarakat, khususnya masyarakat Lampung.

Baca juga: Zulkifli Hasan doakan Ganjar bersaing di level nasional sebagai capres

"Komunikasi ini untuk meningkatkan kesepahaman agar kita bisa meningkatkan kinerja yang sudah ada,” kata Zulkifli Hasan dalam acara "Silaturahim Masyarakat Lampung Perantauan Bersama Gubernur, Tokoh, dan Atlet PON di Lampung", di Gedung Nusantara IV, Komplek Parlemen Senayan, Jakarta, Minggu.

Zulkifli memberi contoh komunikasi dengan Gubernur Lampung Arinal Djunaidi yang selama ini berjalan dengan mudah dan lancar.

“Gubernur ini seorang insinyur, yang jelas dan tegas dan tidak main-main. Kalau main-main, bangunan bisa runtuh. Karena itu kita mudah berkomunikasi. Saya merasakan komunikasi dengan gubernur mudah sekali,” ujar Bang Zul, sapaan Zulkifli Hasan.

Menurut Bang Zul, banyak proyek pembangunan yang sudah dikerjakan gubernur, bupati, dan wali kota di Lampung.

Baca juga: Survei ASI: Elektabilitas Zulkifli Hasan naik usai gabung koalisi

“Kemajuan Lampung tidak lepas dari bupati dan wali kota. Bupati dan wali kota telah bekerja keras untuk memajukan Provinsi Lampung secara bersama-sama dan kompak di bawah kepemimpinan gubernur. Karena itu, kami di pusat merasakan komunikasi yang baik sekali dan lancar,” katanya lagi.

Bang Zul mengungkapkan Menteri BUMN Erick Thohir merencanakan akan mengembangkan Bakauheni menjadi pusat pariwisata. Pelabuhan Bakauheni saat ini sudah tidak mampu menampung karena kapasitas pelabuhan sudah melebihi batas, karena itu sedang direncanakan untuk menambah pelabuhan penyeberangan baru.

“Ada juga usulan untuk menjadi tuan rumah PON dan membangun rumah sakit di Bandar Lampung. Banyak hal yang bisa dilakukan kalau kita bersama-sama. Kami di pusat akan mendukung gubernur, bupati, dan wali kota di Lampung yang telah bekerja keras membangun daerah. Kami sekuat tenaga akan membantu,” katanya.

Silaturahim ini dihadiri Menteri BUMN Erick Thohir, Gubernur Lampung Arinal Djuanidi, para bupati dan wali kota se-Provinsi Lampung, yakni sebanyak 14 kepala daerah di Lampung yang menghadiri silaturahim tersebut bersama dengan tokoh dan sesepuh masyarakat Lampung, anggota DPR RI dan DPD RI dari Provinsi Lampung, yakni M. Qodari dan Henry Yosodiningrat.

Baca juga: Zulkifli: Pandemi ujian tunjukkan Indonesia sebagai bangsa tangguh

Pewarta: Putu Indah Savitri
Editor: Herry Soebanto
Copyright © ANTARA 2021