Gelsenkirchen (ANTARA News) - Pemain bertahan Schalke 04 Atsuto Uchida menciptakan rekornya sendiri dalam sejarah sepak bola, Rabu, dengan menjadi pemain Jepang pertama yang lolos ke semifinal Liga Champions.

Tim Bundesliga Jerman Schalke akan menghadapi tim raksasa Inggris Manchester United pada babak empat besar kompetisi utama antar klub Eropa itu setelah mengalahkan pemegang gelar Inter Milan 2-1 untuk menyingkirkan juara bertahan tersebut dengan kemenangan agregat 7-3.

Kalau tidak ada halangan, Uchida (23), tampaknya akan mendapat peran sebagai pemain pembuka dalam tim asuhan Ralf Rangnick pada pertandingan pertama semifinal antara 26 atau 27 April setelah sejauh ini memainkan sembilan dari 10 pertandingan Schalke dalam kompetisi Eropa.

Mantan pelatih Schalke Felix Magath mengontrak Uchida dari Kashima Antlers senilai 1,4 juta euro. Rangnick memberi kata-kata pujian.

"Saya baru kenal dia selama tiga setengah pekan tetapi sejauh ini ia membuat saya sangat terkesan," kata Rangnick, yang mengambil alih tugas dari Magath bulan lalu. "Ia masih muda, tetapi sangat dewasa, sangat cepat dan ia bisa maju jauh."

Uchida, yang menjadi bagian tim Jepang yang menjuarai Piala Asia, menunjukkan penampilan yang nyaris sempurna saat melawan Inter.

Pada semifinal ia tampaknya akan berhadapan dengan pemain depan United asal Korea Selatan Park Ji-sung, yang mencetak gol kemenangan United pada pertandingan leg kedua atas Chelsea, Selasa, yang berakhir 2-1.

Park adalah salah satu dari hanya dua pemain dari Asia yang telah memenangi trofi Eropa, setelah menjuarai Liga Champions bersama United pada 2008, dengan rekan senegaranya Cha Bum-kun yang memenangi Piala UEFA bersama Frankfurt pada 1980 dan pada 1988 bersama Bayer Leverkusen.
(F005/A023)

Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2011