Mamuju (ANTARA News) - Nasional Demokrat Provinsi Sulawesi Barat, yang telah berhasil melantik seluruh pengurus tingkat kabupaten telah mampu merekrut sedikitnya 27.000 kader desa yang ada di wilayah itu.

Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Nasional Demokrat Sulawesi Barat, Ali Baal Masdar, usai mengikuti pengukuhan dan deklarasi Nasdem Mamuju, di Mamuju, Minggu, mengatakan, sejak dirinya mendapat amanah sebagai insiator pembentukan Nasdem di Sulbar, maka ia langsung melakukan penjaringn kader untuk mengisi seluruh komposisi pengurus pada lima kabupaten di Sulbar.

"Berkat dukungan seluruh pengurus Nasdem di Sulbar, maka kami telah mampu menuntaskan pelantikan di semua kabupaten dan terakhir kami melantik pengurus secara lengkap Nasdem Mamuju,"kata dia.

Ali Baal Masdar yang juga bupati Polewali Mandar ini menyampaikan, jumlah kader yang terdaftar saat ini telah menembus angka 27 000 dan sebanyak 12.000 telah terdaftar di pusat.

Ia mengatakan, perekrutan kader secara lengkap hingga tingkat desa akan rampung minimal sebelum Juli 2011 yang akan datang.

"Perekrutan kader desa ini tak ada kaitannya dengan kepentingan politik menghadapi pelaksanaan pemilihan gubernur Sulbar yang dijadualkan bergulir Oktober 2011. Sama sekali tak ada kepentingan politik karena organisasi ini merupakan wadah berhimpun seluruh masyarakat tanoa melihat latarbelakan politik mereka,"terangnya.

Dikatakannya, Nasdem sebagai organisasi kemasyarakatan memiliki semangat untuk melakukan restorasi Indonesia yang saat ini jauh dari cita-cita proklamasi kemerdekaan 1945.

"Jadi perekrutan kader hingga akar rumput ini tidak bisa dikaitkan dengan kepentingan politik, akan tetapi perekrutan itu kami lakukan untuk menguatkan konsolidasi antar pengurus untuk memikirkan nasib bangsa dimasa kini dan yang akan datang,"ungkap Ali Baal yang saat ini disebut-sebut kandidat kuat calon gubernur Sulbar.

Ali Baal, menjelaskan, semangat kebersamaan pengurus Nasdem Sulbar yang saat ini semakin tumbuh akan tetap merespon keinginan masyarakat untuk mengingatkan pemerintah.

Ia mengatakan, Nasdem bukan oposisi pemerintah namun organisasi ini merupakan wadah berhimpun untuk menjadi mitra pemerintah. (ACO/K004)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2011