London (ANTARA News) - Andai bisa mengalahkan Barcelona dalam Final Piala Raja, Rabu (20/4) mendatang di Stadion Mestalla, Mourinho akan mencatatkan namanya dalam kitab sejarah Madrid sebagai satu-satunya pelatih yang meraih empat gelar serupa di empat negara.

Mourinho yang kini berusia 48 tahun akan memainkan Final 'Copa' kelima dalam karir kepelatihannya dalam laga melawan Barca. Sebelumnya ia pernah memenangkan Piala FA di Inggris bersama Chelsea dan Copa Italia bersama Inter Milan musim silam.

Pelatih yang menjuluki dirinya sendiri 'The Special One' itu petama kali memenangkan gelar 'Copa' ketika ia melatih Porto pada musim 2002/2003. Tetapi pada 2004 ia harus menelan kekalahan dari Benfica dalam kejuaraan yang sama.

Pelatih Real Madrid yang lain yang pernah menjuarai 'Copa' di tiga negara berbeda antara lain Vujadin Boskov (di Spanyol, Italia, dan Belanda) dan John Benjamin Toshack (Spanyol, Wales, Turki).

Untuk menjadi pelatih yang memenangkan gelar di berbagai negara berbeda memang sangat sukar. Pelatih sekaliber Alex Ferguson dan Trappatoni pun hanya memenangkan dua gelar 'Copa' di dua negara berbeda.

Dengan mengalahkan Barca di Mestalla nanti Mourinho akan bisa mengalahkan 'gurunya' Louis van Gaal yang pernah merebut juara di Belanda, Spanyol, dan Jerman. Selain itu ada juga Bobby Robson yang pernah berjaya di Inggris, Portugal, dan Spanyol, serta Helenio Herrera di Prancis, Spanyol, dan Italia. (Ber)

Pewarta:
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2011