Denpasar (ANTARA News) - Ketua Umum DPP Partai Golkar Aburizal Bakrie mengaku prihatin atas kekerasan yang terjadi belakangan ini di Indonesia.

"Untuk mengantisipasi tindakan kekerasan itu maka peran agama sebagai sebuah institusi merupakan faktor penting untuk membedah persoalan eksternal dan internal manusia, agar tercipta suatu kehidupan beragama yang kondusif," kata Aburizal Bakrie di Denpasar, Kamis malam.

Pada sambutan acara Dharma Santhi Hari Raya Nyepi Tahun Saka 1933 itu, ia mengharapkan, pihak penegak hukum menuntaskan masalah-masalah yang ada, sebab perilaku yang mengemuka saat ini menjurus pada terjadinya perpecahan umat beragama.

"Perilaku masyarakat saat ini berpotensi disintegrasi dan intoleransi antarumat beragama," kata Aburizal Bakrie yang akrab dipanggil Ical.

Gangguan kerukunan yang terjadi mutlak harus dihentikan dan tindakan hukum tegas. "Tidak ada satu agama pun yang menoleransi kekerasan tersebut," kata ical menegaskan.

Ia mengatakan, gerakan radikalisme dan tindak kekerasan bukan ciri masyarakat monolitik.

Ical yakin ada faktor eksternal yang mempengaruhi perilaku kekerasan yang mengemuka belakangan ini. "Faktor yang mempengaruhinya seperti politik, keamanan, sosial dan lain sebagainya," katanya.

Untuk itu, kata dia, tidak ada jalan lain selain segera menghentikan gerakan-gerakan tersebut dengan penegakan hukum yang pasti.

"Kekerasan tersebut sudah menjurus destruktif dan memecah belah bangsa. Memahami agama, harus dibarengi dengan akal sehat," ucapnya.

Dikatakan, agama tidak mengajarkan kekerasan. Agama hadir untuk memberikan cahaya bagi perdamaian antarumat.

Untuk itu, Ical berharap agama tak boleh menutup diri dari luar komunitasnya dan harus membangun jejaring dengan kelompok lain, agar tercipta kebersamaan dalam bingkai persaudaraan.

"Agama harus berani membuka dirinya untuk memberikan edukasi secara terus menerus kepada pemeluknya mau pun umat lain agar tercipta toleransi antarumat beragama," katanya.

Sebelumnya, Ical melakukan penebaran benih ikan nila dan bandeng di tambak nelayan Tanjung Segara, Desa Sanur Kauh, Kota Denpasar.

Penebaran ratusan benih bibit ikan secara simbolis tersebut adalah program kegiatan sosial serangkaian acara Dharma Shanti Hari Raya Nyepi itu.

Pada acara tersebut dihadiri ribuan kader, pengurus partai pusat dan daerah serta undangan lainnya.

(ANTARA/S026)


Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2011