Bandung (ANTARA News) - Lalu lintas di jalur Nagreg di perbatasan Kabupaten Bandung dan Garut, Jumat, padat bertepatan libur panjang akhir pekan sehingga sebagian kendaraan bermotor dialihkan ke jalur alternatif Cijapati.

Kemacetan panjang terutama terjadi pada jalur dari arah Bandung hingga ke daerah Nagrog Cicalengka. Sama halnya antrean kendaraan dari arah timur juga memanjang hingga ke arah Kadungora dan Limbangan.

Peningkatan arus lalu lintas di jalur Nagreg terjadi menyusul meningkatnya arus mudik ke arah timur. Warga Bandung dan Jakarta pulang kampung ke wilayah timur Priangan dan Jateng memanfaatkan liburan akhir pekan.

Sejumlah kendaraan bernomor polisi B juga meningkat signifikan di jalur itu. Selain itu juga arus lalu lintas wisata khususnya ke kawasan Cipanas Garut juga meningkat.

Selain kendaraan roda empat, juga kendaraan roda dua meningkat signifikan. Sebagian arus lalu lintas dari arah Garut dan Bandung dialihkan menggunakan jalan Cijapati - Kadungora, khususnya kendaraan kecil.

Sementara itu sejumlah kendaraan truk angkutan pasir dihentikan di kawasan Limbangan dan Cikaledong untuk menghindari kemacetan akibat laju kendaraan yang pelan di tanjakan Nagreg.

"Kepadatan arus lalu lintas meningkat sejak pagi hari, terutama ke arah timur. Mereka berlibur dan berwisata menggunakan waktu liburan akhir pekan," kata Wawan, anggota Polantas Polres Bandung di Nagreg.

Sementara itu jalur Nagreg dikawal oleh seratusan personil dari Polres Bandung yang ditempatkan di sejumlah kawasan rawan kemacetan mulai Cicalengka - Nagreg hingga Limbangan.

Polres Bandung telah mengantisipasi kemacetan di kawasan Nagreg pada setiap akhir pekan, namun long weekend kali ini volume kendaraan naik signifikan.

"Jumat ini mungkin arus mudik, nati arus baliknya diprediksi terjadi Minggu lusa," kata Wawan.

Sementara itu di wilayah Kota Bandung, kepadatan arus lalu lintas terjadi di jalur menuju kawasan Bandung Utara yakni ke kawasan obyek wisata Lembang dan Gunung Tangkuban Parahu.

Sedangkan pintu tol Pasteur hingga ke Jalan Junjunan juga padat oleh warga Jabotabek yang berlibur ke Kota Bandung. Kawasan obyek wisata Ciwidey juga menjadi salah satu lokasi tujuan wisata pada liburan akhir pekan ini.

(S033/Y008)

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2011