Jakarta (ANTARA News) - David Beckham yang sejak empat tahun lalu bergabung dengan klub Los Angeles Galaxy, menjadi pemain sepakbola dengan pendapatan tertinggi di dunia pada 2010.

Mantan kapten tim Inggris yang hijrah ke Amerika Serikat ini, selama tahun 2010 telah mengumpulkan pendapatan senilai 40 juta dolar AS, meski ia gagal mengawal Galaxy di babak playoffs dan hanya mencetak delapan gol dalam empat tahun pertamanya bergabung dengan klub itu.

Dalam daftar pemain sepakbola berpendapatan tertinggi 2010 yang dilansir Forbes belum lama ini, pemain Real Madrid Cristiano Ronaldo berada di urutan kedua dengan pendapatan 38 juta dolar.

Selain berpendapatan tertinggi kedua setelah Beckham, Ronaldo juga sebagai pemain bola yang mempunyai paling banyak penggemar di jejaring sosial. Ia mempunyai 24 juta penggemar di Facebook, hampir tiga kalinya penggemar Michael Jordan, pemain bola basket AS, yang memiliki 10 juta penggemar.

Di Twitter, Ronaldo mempunyai follower 2,4 juta yang hanya bisa ditandingi oleh Shaquille O'Neal, Kaka, dan Lance Armstrong diantara para atlet.

Pesepakbola berpendapatan tertinggi ketiga disandang Lionel Messi dengan penghasilan 32 juta dolar selama 2010.

Penyandang dua kali gelar pemain terbaik dunia ini meluncurkan akun Facebook-nya bulan ini dan dengan cepat mengumpulkan lebih dari 7 juta penggemar.

Selain mendapatkan bayaran mahal dari bermain bola, baik Beckham, Ronaldo, maupun Messi, sama-sama mendapatkan tambahan penghasilan dari membintangi iklan dan dari sponsor.

Sponsor seperti Adidas, Lay's, Konami, Audemars, Piguet, Chery, dan Air Europa telah membayar Messi 16 juta dolar setahun menyamai pendapatan yang diterimanya dari klub Barcelona berikut gaji dan bonus.

Tambahan penghasilan Beckham diperoleh dari Electronic Arts dan Diet Pepsi, selain dari kesepakatan jangka pendek dengan Yahoo. Kontraknya dengan Adidas juga menjadi kontrak terbesar dalam dunia olahraga.

Beckham juga mengikat kontrak dengan Coty and lini produk Go3's Omega-3.

Sementara Ronaldo mendapatkan pendapatan tambahan dari membintangi iklan produk-prodok seperti Nike, Armani, Castrol, dan beberapa lainnya.

(S026/B010)

Pewarta: Suryanto
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2011