Lebak (ANTARA News) - Misa Jumat Agung di sejumlah gereja di Rangkasbitung, Kabupaten Lebak, Provinsi Banten berlangsung aman dan tertib.

"Kami memprioritaskan pengamanan Misa Jumat Agung di gereja-gereja dengan menyebar petugas keamanan," kata Kepala Kepolisian Resor Lebak Ajun Komisaris Besar Widoni Fedri, di Rangkasbitung, Jumat.

Ia mengatakan, pengamanan begitu ketat dengan menyebarkan petugas keamanan berpakaian seragam maupun pakaian preman selama misa yang diikuti ribuan orang.

Pengamanan terlihat di Gereja Katolik Santa Maria tak Bernoda, Gereja Pasundan, dan Gereja Bethelem di Rangkasbitung.

Puluhan petugas sejak berlangsung Misa Jumat Agung menjaga keamanan di gereja tersebut.

Aparat kepolisian berjaga-jaga di luar gereja dan setiap jemaat masuk ke gereja dilakukan pemeriksaan dengan alat detektor, termasuk barang bawaan, sebagai bagian dari prosedur pengamanan.

Sementara, di Gereja Katolik Santa Maria tak Bernoda Rangkasbitung misa juga berlangsung dengan khidmat dan lancar dengan pengamanan yang cukup dari aparat kepolisian.

Sebelumnya, kepolisian telah menyampaikan umat Kristiani yang hendak melaksanakan Misa Jumat Agung di Gereja Katolik Santa Maria tak Bernoda agar tidak membawa barang atau tas besar untuk menghindari kecurigaan.

Sementara itu, Ketua Pemuda Gereja Katolik Santa Maria tak Bernoda Rangkasbitung, Agustinus mengatakan, pihaknya merasa tenang saat menjalani misa dengan memanjatkan doa-doa serta pujian untuk memperingati wafatnya Isa Al Masih (Yesus Kristus).

"Kami merasa damai dan cinta kasih dalam memperingati wafatnya Yesus Kristus," katanya.(*)
(U.KR-MSR/Z002)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2011