Jakarta (ANTARA) - Kepala Staf TNI AD, Jenderal TNI Dudung Abdurachman, mengatakan seorang perwira harus memiliki imajinasi, inovasi, visi dan misi, cita-cita serta harapan.

"Seorang perwira pendekatannya adalah karakter," kata dia, di kanal YouTube Dinas Penerangan TNI AD yang dipantau di Jakarta, Minggu.

Dengan memiliki karakter, maka seorang perwira akan memiliki integritas, dan moral yang baik. Hal tersebut harus disokong imajinasi, cita-cita, inovasi visi misi dan harapan.

Baca juga: Perwira AD Korea Selatan sampaikan kesan ikuti Seskoad TNI AD

Hal itu dia katakan saat penutupan pendidikan reguler Sekolah Staf dan Komando TNI AD di Markas Komando Seskoad Bandung, Jawa Barat. Ini adalah pendidikan tertinggi seorang perwira di lingkungan matra TNI.

Pada kesempatan itu, dia memberikan arahan dan pembekalan kepada 459 mantan siswa atau lulusan Sekolah Staf dan Komando TNI AD untuk membentuk para alumni yang berkarakter.

Baca juga: Wadan Seskoad: Pasis harus mampu memecahkan permasalahan saat ini

Arahan tersebut diharapkan bisa diimplementasikan setiap prajurit di lapangan dalam mengambil keputusan dari ilmu yang diperoleh selama menempuh pendidikan.

Ia menegaskan tolok ukur pemimpin yang berkarakter harus memiliki jiwa petarung, pemberani, cerdas serta mempunyai harapan untuk memajukan satuan.

Setelah lulus atau menempuh pendidikan, dia berharap para lulusan memiliki karakter yang lebih kuat dan tidak hanya sekadar mengejar predikat. "Yang penting itu ialah bagaimana implementasi di lapangan," ujar dia.

Pewarta: Muhammad Zulfikar
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2021