Lisbon (ANTARA News) - Pembalap Spanyol Dani Pedrosa menjuarai perlombaan balap motor kelas MotoGP pada gelaran seri ketiga kejuaraan balap motor bergengsi itu di sirkuit Estoril Portugal Minggu dengan meninggalkan Jorge Lorenzo yang terpaksa harus membatalkan rencananya untuk selebrasi gelar penguasa Estoril untuk yang keempat kalinya secara berturut-turut.

Pembalap Australia Casey Stoner berada di tempat ketiga bersama Honda.

Balapan dipimpin oleh Lorenzo yang start dari posisi terdepan untuk pertama kalinya musim ini bersama Pedrosa yang terus menempelnya meski masih harus berjuang menahan sakit bekas operasi bahu kurang dari sebulan yang lalu.

Namun empat lap menjelang garis finish Pedrosa berhasil mendahului Lorenzo dan langsung menjauh tanpa dapat terkejar lagi sampai garis finish.

Kemenangan itu merupakan yang pertama bagi Pedrosa musim ini dan juga yang pertama di Portugal.

Pembalap Italia Andrea Dovizioso, yang mengendarai Honda, berhasil mencuri tempat keempat dari rekan senegaranya Valentino Rossi di lintasan lurus akhir menjelang garis finish dimana kedua pembalap tercatat hanya berselisih kurang dari satu detik sewaktu melintasi garis finsih.

Pembalap Italia Marco Simoncelli yang sempat mencatat posisi start terbaik sepanjang karirnya yaitu di grid kedua pada saat start bersama motor Honda tim Gresininya, kembali harus menelan hasil mengecewakan setelah terjatuh pada lap awal sehingga tidak dapat melanjutkan lomba.

Lorenzo yang juara di balapan sebelumnya di Jerez Spanyol tetap berada di puncak klasemen setelah tiga seri balapan musim ini dengan 65 poin mengungguli Pedrosa di tempat kedua dengan 61 poin.

Stoner yang juara di seri pembuka di Qatar pada Maret lalu berada di tempat ketiga klasemen dengan 41 poin dan dibayangi oleh juara dunia sembilan kali Rossi dengan 31 poin, demikian Reuters melaporkan. (OKS/K004)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2011