London (ANTARA News) - KBRI Berlin dan Perwakilan Negara-Negara ASEAN di Jerman yang tergabung dalam Berlin ASEAN Committee (BAC) mengelar acara amal ASEAN Food Experience "Good Food for a Good Cause" dengan menggandeng Berlin Marriott Hotel di Berlin, Jerman.

Pengalangan dana untuk korban tsunami di Jepang dihimpun melalui penjualan makanan sumbangan dari 10 kedutaan negara ASEAN di Berlin, demikain Sekretaris III KBRI Berlin, Purno Widodo, kepada Antara London, Jumat.

Selain menyediakan makanan khas Indonesia seperti nasi goreng Jawa, sate, risoles ayam dan es cendol, KBRI Berlin juga terlibat dalam memasarkan tiket masuk berharga 25 Euro.

Tiket dijual ke seluruh duta besar di Berlin, korps diplomatik, pejabat pemerintah, kalangan media, berbagai organisasi sosial, philantrophist serta pebisnis yang berkantor di pusat kota Berlin.

Acara dihadiri Dirjen Asia Pasifik Kementerian Luar Negeri Jerman Dubes Cyrill Nunn ini dimeriahkan penarikan undian dengan hadiah sumbangan negara-negara anggota BAC dan Berlin Marriot Hotel.

Dalam kesempatan Ini, KBRI Berlin menggandeng Garuda Indonesia untuk menyediakan satu tiket kelas bisnis Amsterdam-Jakarta-Amsterdam sebagai salah satu hadiahnya.

Garuda Indonesia menyambut baik kesempatan tersebut dan menegaskan kehadiran maskapai nasional Indonesia yang kembali terbang ke Belanda diharapkan akan terbang kembali ke Jerman dalam waktu yang tidak lama.

Dana terkumpul sejumlah 12.665 Euro diserahkan Ketua BAC yang dijabat Dubes Jacky Foo dari Singapura dan dari Berlin Marriott Hotel Michael Romanov di dampingi Kepala Perwakilan Negara-Negara BAC.

Dubes Jepang untuk Jerman Dr. Takahiro Shinyo saat menerima bantuan tersebut menyatakan penghargaan dan terimakasih atas solidaritas negara anggota ASEAN, "from the bottom of my heart I thank you for your kind gesture," ujar Dubes Shinyo.

Seluruh dana tersebut akan diberikan kepada korban gempa bumi dan tsunami di Jepang melalui Kedutaan Besar Jepang di Berlin.

Upaya ini merupakan bukti solidaritas dan kepedulian ASEAN kepada Jepang sebagai negara mitra wicara ASEAN yang selama ini telah menjalin kerjasama yang erat di kawasan Asia Timur.

(ZG/S026)

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2011