Jakarta (ANTARA News) - Kepolisian Negara RI mempersiapkan pengamanan rute untuk acara jamuan makan malam para pemimpin negara ASEAN dengan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono yang akan dilaksanakan di Balai Sidang Jakarta, Sabtu malam sekitar pukul 17.00 WIB.

"Kita melakukan antisipasi pengamanan rute untuk acara jamuan makan malam yang akan dilaksanakan nanti malam," kata Kepala Biro Operasional (Karoops) Polda Metro Jaya, Kombes Pol Sujarno saat ditemui di Pos Pengamanan Balai Sidang Jakarta, Sabtu.

Menurutnya menjelang jamuan makan malam, ruas jalan di Jakarta diprediksi akan padat, karena hari libur.

Guna memperlancar jalur para pemimpin negara ASEAN yang akan mengikuti acara jamuan makan malam dari tempat menginap ke Balai Sidang Jakarta, akan ada penutupan arus lalu lintas selama 26 menit.

Pimpinan negara yang datang itu adalah Sultan Brunei Darussalam Sultan Hassanal Bolkiah Mu`izzaddin Waddaulah, Perdana Menteri Kamboja Hun Sen, Perdana Menteri Laos Thongsing Thammavong, Perdana Menteri Malaysia Dato` Sri Mohd Najib bin Tun Abdul Razak, Perdana Menteri Myanmar Thein Sein, Presiden Filipina Benigno S. Aquino III, Senior Minister Singapura S. Jayakumar yang mewakili Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong, Perdana Menteri Thailand Abhisit Vejjajiva, dan Perdana Menteri Vietnam Nguyen Tan Dung.

Polisi lalulintas juga akan mengalihkan ruas jalan yang menuju lokasi pertemuan di Balai Sidang Jakarta, Komplek Gelora Bung Karno, Senayan.

Polda Metro Jaya mengerahkan pasukan pengawal sebanyak sembilan unit untuk setiap kepala negara.

Jumlah kepala negara mencapai 13 orang sehingga jumlah rombongan mencapai 130 unit kendaraan.

"Kami mengharapkan, masyarakat untuk memaklumi karena acara KTT ini adalah kebanggan kita dan jadwalnya sudah lama disosialisasikan," kata Sujarno.

Polda Metro Jaya juga mengalihkan arus kendaraan barang dari jalur lokasi menuju tempat pelaksanaan KTT ASEAN ke-18 di Balai Sidang Jakarta.

Pengawalan dilakukan sejak dari Bandara Internasional Soekarno-Hatta dan Bandara Halim Perdana Kusuma, serta tempat penginapan hingga lokasi pertemuan.

Tempat penginapan yang digunakan yakni Hotel Hyatt, Hotel Indonesia-Kempinski, Hotel Mandarin Oriental, Hotel Four Season, Hotel Mulia, Hotel Shangri-la, Hotel Ritz Carlton, dan Hotel JW Marriot.
(*)

Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2011