Manado (ANTARA News) - Sejumlah warga Manado sempat terkejut dan keluar rumah setelah getaran gempa bumi dengan skala 5,3 Skala Richter (SR) yang melanda daerah itu, Minggu malam.

Gempa itu sendiri terjadi pada pukul 23:51 wita, disaat sejumlah warga mulai beristirahat tidur pada malam harinya.

Berdasarkan informasi Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) bahwa gempa dengan 5,3 SR itu terjadi di lokasi 1.00 Lintang Utara dan 125.41 Bujur Timur.

Pusat gempa sekitar 55 kilometer tenggara Kota Bitung dan sangat terasa di Kota Manado, Minahasa Utara dan Minahasa, dengan kedalaman sekitar 10 kilometer.

"Ketika ada getaran gempa cukup kuat, saya langsung keluar rumah antisipasi dampak buruk yang terjadi," kata Steven, salah satu warga Sario Manado.

Sebagian besar warga sudah tertidur lelap sempat terjaga ketika gempa, serta ada juga yang masih memanfaatkan waktu untuk menonton dan bercengkerama dengan keluarga di rumah ketika gempa itu terjadi.

"Bagi kami dengan bentuk rumah sangat tinggi tentunya perlu di waspadai, sehingga tidak terjadi apa-apa nantinya," jelas Caroline, ibu rumah tanggal lainnya.(*)
(ANT)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2011