Tasikmalaya (ANTARA News) - Ratusan warga Tionghoa merayakan perayaaan Tahun Baru Cina (Imlek) 2560 di Vihara Avalokiteswara Jalan Pemuda nomor 11 Kota Tasikmalaya.

Menurut pegurus sekaligus panitia pelaksana kegiatan Imlek di Vihara Avalokiteswara, Andi, Senin mengatakan, mereka melakukan persembahyangan tahun baru Imek sebagai wujud syukur terhadap dewa-dewa yang telah memberikan keselamatan dan berkah.

"Perayaan Imlek hanya bersembahyang dan berdoa kepada dewa-dewa agar diberikan keselamatan dan kesehatan," katanya.

Ia mengatakan, perayaan Imlek tahun ini diharapkan dapat mendapatkan berkah dari Dewa agar hidup tenang dan damai, selain itu merenungkan diri apa yang belum dicapai ditahun lalu.

Untuk itu kata Andi Imlek tahun sekarang akan berupaya untuk hidup lebih baik agar harapan-harapan tahun sebelumnya yang belum tercapai dapat terwujud di tahun sekarang.

"Mudah-mudahan tahun sekarang lebih beruntung daripada tahun sebelumnya," katanya.

Selain itu, Andi berharap, di tahun Shio Kerbau ini, jemaat bisa menjadi orang yang berguna dan selalu mendapatkan berkah dari Dewa.

Bukan hanya untuk para jemaat saja, Andi berharap untuk Indonesia agar lebih maju dan kaya serta yang utama selalu aman antara umat beragama, dan tetap menjaga hubungan baik antar agama.

Ia mengatakan, tahun baru Imlek di Tasikmalaya meskipun tidak mewah dan terkesan sederhana namun dirinya merasakan ketenangan dalam sembahyang dan merasakan berkah yang sangat besar dari Dewa.

"Yang penting perayaan Imlek itu dapat sembahyang dengan tenang dan dapat berkumpul dengan keluarga," katanya.

Berdasarkan pantauan ANTARA, keadaan di Vihara Avalokiteswara hingga siang hari tampak sepi namun asap bekas pembakaran dupa masih menyisakan kepulan asap.
(*)

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2009