Jakarta (ANTARA) - Musisi Ratih Suryahutamy atau yang dikenal sebagai Neonomora menceritakan bahwa proses pembuatan album studio ketiganya yang bertajuk "Inflammable" dikerjakan secara spontan, bahkan minim referensi.

"Menurut gue ini album yang minimum banget referensinya. Referensinya kebanyakan malah sesuatu yang gue baru denger," kata Neonomora saat konferensi pers virtual, Jumat.

Diproduseri oleh Adityar Andra, album "Inflammable" menampilkan kolaborasi Neonomora bersama sejumlah musisi seperti Ezra Kunze, Jevin Julian, Monica Karina, Rayssa Dynta, dan Teddy Adhitya.

Baca juga: Neonomora siap rilis album studio ketiga "Inflammable"

Neonomora juga mengatakan bahwa kolaborasinya bersama musisi tersebut di album "Inflammable" bukan sesuatu yang dia rencanakan sebelumnya. Bahkan, dia mengaku bahwa awalnya, tidak begitu terbiasa untuk membuat lagu dengan melibatkan banyak orang.

"Dulu gue sempat kalau misalnya workshop, gue enggak bisa sama orang banyak. Sedangkan di studio Andra itu orang banyak yang keluar masuk studio," ujar Neonomora.

"Jujur banget (saat memutuskan kolaborasi) spontan, karena ya memang mereka selalu ada di situ dan keluar-masuknya mereka (di studio) enggak pernah ada yang tahu. Misalnya tiba-tiba Monica lagi nongkrong di kitchen terus yaudah bikin lagu bareng," lanjut dia.

Adityar Andra yang merupakan produser di album tersebut juga menceritakan hal serupa.

"Kalo emang gue lagi session kan anak-anak suka datang, suka gangguin gitu. Jadi, 'apaan sih ganggu, yaudah sini deh bantuin'. Jadinya ada lah beberapa (kolaborasi)," kata Andra.

Album "Inflammable" terdiri atas 18 lagu, termasuk lagu-lagu yang telah dirilis sebelumnya yakni "I Wanna Believe in Love Again", "Don't Love Me", dan "Twin Flames" yang berkolaborasi dengan penyanyi muda Rayssa Dynata, serta lagu "I Am A Queen" bersama Monica Karina.

Melalui album tersebut, Neonomora berusaha mengungkapkan perasaan dan pengalaman pribadinya setelah melewati serangkaian proses yang hampir membuatnya menyerah dalam karir sebagai musisi.

Berbeda dari album Neonomora sebelumnya, "Inflammable" mengusung genre musik soul dan R&B. Album tersebut siap dirilis pada 12 Desember 2021.

Baca juga: Neonomora angkat "self love" di lagu "I Wanna Believe in Love Again"

Baca juga: Neonomora rilis album kedua, "Waters"

Baca juga: Neonomora lepas single baru "Lies"

Pewarta: Suci Nurhaliza
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2021