Kendari (ANTARA News) - Warga masyarakat di Lorong Dolog, Kelurahan Mandonga, Kecamatan Mandonga, Kota Kendari, Sulawesi Tenggara, dikejutkan dengan penemuan sebuah bom yang diduga masih aktif di dalam sebuah goa.

Wartawan ANTARA dari tempat penemuan bom di Kota Kendari, Selasa, melaporkan bahwa bom curah dengan panjang sekitar 1,5 meter itu ditemukan warga yang diduga merupakan peninggalan sisa perang Jepang.

Anggota Gegana Polda Sultra, Bripka La Ode Sarman, mengatakan, penemuan sebuah bom itu setelah mendapatkan informasi dari masyarakat yang bermukim disekitar lokasi itu.

Bom curah yang bagian luarnya sudah nampak berkarat karena tertimbun tanah itu, ditemukan warga saat ingin membuang sampah dikawasan goa yang ke dalama lebih dari belasan meter itu.

Hingga berita ini diturunkan, bom yang masih berada di lokasi kejadian itu belum dipindahkan aparat, karena selain ukurannya besar juga sulit untuk diangat karena cukup berat.

Namun, di lokasi tempat ditemukan benda berbahaya itu sudah dipasang garis pengaman oleh polisi agar warga tidak mendekati lokasi.

Nasrun, salah seorang warga Lorong Dolog mengatakan, kawasan yang biasanya sepih dilalui warga itu, kini berubah menjadi ramai oleh ratusan warga yang ingin menyaksikan langsung benda aneh dan berbahaya tersebut

Ia berharap, dengan penemuan bom tersebut, aparat kepolisian untuk segera memindahkan benda itu ke tempat yang lebih aman dari jangkauan manusia.

(A056/S019)

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2011