Jakarta (ANTARA News) - Pebalap muda Indonesia Alexandra "Andra" Asmasoebrata tahun ini konsentrasi pada dua kejuaraan balap internasional yaitu Asian Formula Renault 2011 dan Formula Abarth 2011.

Manajer Andra yang juga ayahnya, Alex Asmasoebrata di Jakarta, Rabu mengatakan, dari dua kejuaraan yang diikuti satu kejuaraan diantaranya sudah dimulai yaitu Asian Formula Renault 2011 seri I di Zhuhai International Circuit, 7-8 Mei lalu.

"Hasilnya cukup luar biasa. Pada seri pertama itu Andra mampu membawa empat tropi sekaligus yang satu diantaranya menjadi juara pertama. Ini adalah hasil terbesar yang mampu diraih oleh Andra pada ajang Formula Renault," katanya saat dikonfirmasi.

Menurut dia, pada Asian Formula Renault 2011 seri I, Andra yang bergabung dengan tim PC Racing mampu menunjukkan kemampuannya dilintasan sirkuit meski pada kejuaraan tersebut merupakan satu-satunya pebalap perempuan.

Meski demikian, kata dia, berkat dukungan penuh dari semua pihak mulai dari pemerintah hingga sponsor yang selama ini mendukung penuh serta kesiapan matang sebelum kejuaraan hasilnya bisa maksimal.

"Kami berharap hasil-hasil positif terus terulang pada balapan berikutnya, karena untuk Asian Formula Renault masih ada 10 kali race lagi. Saat ini baru seri pertama dengan dua race," katanya menambahkan.

Setelah menyelesaikan seri I di Zhuhai International Circuit , Andra dijadwalkan kembali turun pada seri II yang rencananya digelar di Sirkuit Sepang Malaysia, 28-29 Mei nanti.

Alex Asmasoebrata menjelaskan, kejuaraan Asian Formula Renault 2011 yang diikuti oleh Andra merupakan sarana pemanasan pra kejuaraan Formula Abarth 2011. Sesuai dengan jadwal kejuaraan ini akan dimulai Juni nanti.

"Juara umum Formula Abarth 2011 ini akan dikirim ke Italia untuk mengikuti test drive mobil Ferrari yang biasa digunakan duo pebalap Ferrari Fernando Alonso dan Felipe Massa," kata mantan pebalap itu.

Meski akan turun pada dua kejuaraan internasional sekaligus, Alex berharap Andra bisa tampil dengan maksimal karena targer utamanya adalah menjadi yang terbaik dan mampu mengharumkan nama bangsa.

Berikut hasil Asian Formula Renault 2011 seri I di Zhuhai International Circuit, 7-8 Mei lalu :


Hasil Race I (Asian Catagory)

  • 1. Alexandra Asmasoebrata (INA) PS Racing 30 poin
  • 2. Timothy Teo (SIN) Champ Motorsport 24 poin
  • 3. Victor Yung (HKG) Champ Motorsport 20 poin

Hasil Race 2 (Asian Catagoy)

  • 1. Li Chi Cong (CHN) Asia Racing Team 30 poin
  • 2. Alexandra Asmasoebrata (INA) PS Racing 24 poin
  • 3. Victor Yung (HKG) Champ Motorsport 20 poin

Hasil Race I (Overall Catagory)

  • 1. Leopard Kingdong (FIN) PS Racing 30 poin
  • 2. Alexandra Asmasoebrata (INA) PS Racing 24 poin
  • 3. Timothy Teo (SIN) Champ Motorsport 20 poin

Hasil Race 2 (Overall Catagory)

  • 1. Juan Arenas (USA) Gold Wolf Racing Team 30 poin
  • 2. Li Chi Cong (CHN) Asia Racing Team 24 poin
  • 3. Alexandra Asmasoebrata (INA) PS Racing 20 poin.(*)
(T.B016/A020)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2011