Purbalingga (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah, menginformasikan bahwa capaian vaksinasi COVID-19 di wilayah setempat sudah 71,51 persen dari target sasaran.

"Hingga hari ini capaian vaksinasi di Purbalingga sebanyak 556,908 atau sudah 71,51 persen dari target 778.743 sasaran vaksinasi di wilayah ini," kata Plt. Kepala Dinas Kesehatan Purbalingga Hanung Wikantono di Purbalingga, Senin.

Selain itu, dia menambahkan bahwa per hari ini cakupan vaksinasi bagi kelompok lansia di wilayah setempat juga terus mengalami peningkatan.

"Total vaksinasi bagi lansia 61.070 orang atau telah mencapai 61,76 persen dari target 98.887 sasaran lansia di wilayah ini," katanya.

Baca juga: Capaian vaksinasi di Purbalingga mendekati 70 persen

Baca juga: Polres Purbalingga berkomitmen dukung percepatan vaksinasi COVID-19


Pemkab Purbalingga, kata dia, sebelumnya menargetkan pada pertengahan Desember 2021 dapat mengejar target 70 persen capaian vaksinasi di wilayah ini.

"Dengan demikian berarti target 70 persen cakupan vaksinasi telah tercapai, tentunya ini berkat upaya maksimal dan dukungan penuh dari masyarakat di wilayah," katanya.

Keberhasilan tersebut, kata dia, juga dapat tercapai karena berbagai program strategis yang telah dilaksanakan mulai dari vaksinasi massal dan sistem jemput bola khususnya bagi kelompok lansia.

"Kami terus mewujudkan prinsip dasar dalam meningkatkan cakupan vaksinasi yakni dengan mendekatkan layanan kesehatan kepada masyarakat. Tujuan kami adalah bagaimana mendekatkan layanan kesehatan ke masyarakat, sedekat mungkin guna meningkatkan aksesibilitas," katanya.

Selain itu, kata dia, pihaknya juga terus memperkuat sinergi dan kolaborasi dengan seluruh instansi terkait guna mempercepat program vaksinasi di wilayah ini.

"Hingga kini kami juga masih terus memperkuat sinergi dengan sejumlah pihak terkait khususnya dengan TNI, Polri dan berbagai pihak lainnya," katanya.

Pihaknya, kata dia, kembali mengingatkan warga yang belum divaksinasi untuk segera mendaftarkan diri untuk program vaksinasi COVID-19 ke puskesmas terdekat.

"Warga juga bisa menghubungi kader kesehatan seperti bidan desa. Selain itu juga bisa menghubungi babinsa atau bhabinkamtibmas yang ada di wilayah masing-masing," katanya.

Masyarakat, kata dia, perlu berperan aktif menyukseskan program vaksinasi di wilayah ini dan jangan takut divaksinasi karena sangat aman dan dapat melindungi.

"Masyarakat harus berperan aktif menyukseskan program vaksinasi dan tidak ragu dengan keamanannya. Insya Allah vaksinasi COVID-19 aman untuk masyarakat asal sesuai dengan persyaratan skrining yang sudah ditetapkan oleh pemerintah," katanya.*

Baca juga: Pemkab Purbalingga upayakan percepatan program vaksinasi COVID-19

Baca juga: Pemkab: Capaian vaksinasi di Purbalingga mendekati 50 persen

Pewarta: Wuryanti Puspitasari
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2021