bukan 'herd immunity' tetapi 'herd population'
Jakarta (ANTARA) - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menargetkan 1,1 juta anak usia 6-11 tahun di Jakarta mendapat layanan vaksinasi COVID-19, baik di sekolah maupun sentra vaksin lainnya.

"Jumlah anak usia 6 sampai 11 tahun di Jakarta yang terdaftar di dalam data pokok pendidikan ada 1,1 juta. Mereka akan mendapatkan vaksinasi di sekolah-sekolah, di Puskesmas, di rumah sakit dan di sentra-sentra vaksinasi yang diselenggarakan di komunitas," kata Anies di Jakarta, Selasa.

Anies menjelaskan bahwa pelaksanaan vaksinasi untuk anak berusia 6-11 tahun di DKI Jakarta dimulai secara serentak pada Selasa, dengan ditandai "Kick Off" atau Peluncuran Vaksinasi Anak di SDN Cempaka Putih Timur 03 Jakarta Pusat.

Anies menjelaskan bahwa layanan vaksin untuk anak terdapat di sekolah-sekolah, rumah sakit dan sentra vaksinasi yang diselenggarakan komunitas maupun lembaga.

Dalam peluncuran vaksinasi untuk anak usia 6-11 tahun, setidaknya ada 10 ribu anak di Jakarta yang mendapatkan vaksin dosis pertama.

Baca juga: Tangis anak warnai pemberian vaksin COVID-19 di SDN Pondok Bambu 02

"Pada hari ini di Jakarta ada sekitar 10 ribu anak usia 6 sampai 11 tahun yang mendapatkan vaksinasi dosis pertama," kata Anies.

Ia berharap orang tua dapat meyakinkan dan mengajak anaknya yang berusia tersebut untuk mendatangi fasilitas vaksin.

Dalam kesempatan yang sama, Wakil Menteri Kesehatan Dante Saksono Harbuwono, mengatakan vaksinasi terhadap anak terus berjalan agar mencapai cakupan vaksinasi dewasa.

"Target kita sekarang bukan 'herd immunity' (kekebalan komunal) tetapi 'herd population' (kekebalan populasi) mencapai 70 persen dan sekarang vaksinasi yang ditargetkan Presiden Jokowi sampai 70 persen akhir tahun. Saat ini sudah mencapai target 70,4 persen," kata Dante.

Baca juga: Setiap kelurahan Jakarta Utara akan laksanakan vaksinasi anak

Pewarta: Mentari Dwi Gayati
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2021