Surabaya (ANTARA News) - Tiga mahasiswa Universitas Airlangga (Unair) Surabaya yang tergabung dalam tim Airlangga-Semen Gresik Elbrus Expedition 2011 (ASGEE 2011), Jumat dinihari, berangkat ke Rusia untuk mendaki Puncak Elbrus yang merupakan gunung tertinggi di Eropa.

"Teman-teman dari tim ASGEE Rusia sudah berangkat pada dinihari tadi dan akan tiba di Moskow pada pukul 18.45WIB. Doakan teman-teman sukses mendaki Puncak Elbrus setinggi 5.642 mdpl," kata humas Tim ASGEE Indonesia, Bagus Setiawan (23), kepada ANTARA News di Surabaya.

Menurut dia, tantangan terberat tim ASGEE Rusia adalah suhu dan medan, karena suhu di Elbrus bisa mencapai minus 20 derajat celsius, tapi tim sudah menyiapkan diri sejak Oktober 2010, termasuk dengan mencoba bertahan beberapa hari pada gunung di ketinggian 3.000 mdpl lebih.

"Tiga anggota tim ASGEE yang terpilih ke Elbrus adalah Evandra (22 tahun) dan Miftahul Agusta (21) yang sama-sama dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB), lalu Yasak (20) dari FISIP," paparnya.

Tiga mahasiswa lainnya menjadi tim ASGEE di Indonesia yakni dirinya dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB), Lestari Ningsih (22) dari Fakultas Ilmu Budaya (FIB), dan Asyeb Awaludin (22) dari Fakultas Sains dan Teknologi (FST).

"Rencana menaklukkan puncak Elbrus pada 13-20 Mei 2011 itu dengan proses aklimatisasi mulai 16 Mei 2011 hingga mencapai puncak pada Hari Kebangkitan Nasional atau 20 Mei 2011," kata dia.

Untuk pencapaian puncak Elbrus itu, tim ASGEE menyiapkan tiga skenario yakni rencana A mencapai dua puncak dalam sehari dengan waktu 13 jam.

Bila rencana A mengalami kesulitan, maka tim akan menerapkan rencana B yakni mencapai puncak barat pada hari pertama dan mendaki puncak timur pada hari kedua.

"Bila kedua skenario itu gagal semua akibat cuaca yang tidak memungkinkan, maka tim sudah menyiapkan rencana C yakni kembali ke `base camp` dan hanya menargetkan Puncak Barat pada hari kedua," katanya.

Ia menambahkan, rencana penaklukan puncak Elbrus ini merupakan target ketiga dari tujuh target Wanala hingga tahun 2022.

(ANTARA)

Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2011